Tips Belajar Daring/ Online pada masa pandemi Covid-19 2021 ! | Teman Kuliah

 

Sudah sejak kasus pertama covid-19 ditemukan di Indonesian. Pandemi virus Corona yang mewabah berimbas pada segala bidang tidak terkecuali pada bidang pendidikan yang pada akhirnya kegiatan pembelajaran di sekolah dihentikan dan diganti dengan pembelajaran daring/ online

Proses pembelajaran secara daring yang dilakukan di rumah akan berjalan dengan baik jika peserta didik dapat mengatur dirinya dengan baik. Jika tidak demikian maka proses belajar daring yang dilakukan di rumah akan bergeser pada hal-hal yang kurang bermanfaat atau berbahaya seperti main game, browsing hal-hal negatif, bahkan sampai tindak kekerasan yang dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya.

Agar proses pembelajaran daring di rumah dapat berjalan dengan baik ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Siapkan Ruangan Belajar yang Kondusif.
Ruang belajar yang kondusif merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran daring di rumah. Tenang dan nyaman adalah dua hal yang menjadi poin utama kondisi ruang belajar yang kondusif.

Untuk membuat ruang belajar yang kondusif dapat dilakukan dengan menghilangkan gangguan yang ad seperti televisi atau suara radio/ soundsystem lain yang terlalu keras, fasilitas pembelajaran utama seperti meja dan kursi juga harus tersedia, pencahayaan ruangan juga harus sesuai tidak terlalu redup sehingga mengakibatkan rasa kantuk dan juga tidak terlalu terang.


2. Buat Jadwal Belajar dan harus dijalankan
Jika sebelumnya pembelajaran dilakukan di sekolah dan mau tidak mau kamu harus mengikuti pembelajaran yang ada. Namun untuk kali ini kamu harus tetap mengikuti  tahupembelajaran di rumah tapa pengawasan guru dan juga teman-teman kamu. 

Supaya kamu tahu kapan harus belajar dan kapan boleh santai, apalagi kita tahu bersama rumah merupakan tempat yang paling enak untuk bersantai ditambah lagi kalau kamu di rumah hanya sendiri karena kedua orang tua kamu harus bekerja. Maka susunlah jadwal harian kamu selama 24 jam dari bangun tidur sampai tidur lagi. Hal ini juga sangat membantu kamu terutama jika kamu harus melakukan pembelajaran secara live chat melalui aplikasi tertentu.


3. Lakukan Pembelajaran Seperti Biasanya
Tidak sedikit siswa/ mahasiswa yang terlena dengan keadaan pembelajaran di rumah, karena kondisinya sangat jauh berbeda ketika berada di sekolah atau universitas. Tentu saja hal tersebut dapat menimbulkan dampak buruk bila terus menerus dilakukan.

Oleh karena itu kamu harus mulai untuk membiasakan diri dengan proses pembelajaran seperti biasanya. Jika biasanya di kelas kamu melakukan pembelajaran dengan peralatan lengkap seperti buku paket, LKS, buku tulis, pulpen atau bahkan tas, maka sediakan semua itu sebelum proses pembelajaran berlangsung.


4. Siapkan Peralatan Pendukung Pembelajaran
Proses pembelajaran daring yang dilakukan di rumah selama masa pandemi Covid-19 mengharuskan kamu untuk mempersiapkan 2 hal, yaitu: pertama peralatan elektronik (HP, laptop, PC) dan kedua tentunya jarinagn internet yang lancar sebagai peralatan pendukung pembelelajaran. 

Apalagi kegiatan pembelajaran menggunakan teknologi aplikasi seperti Google Classroom, MS. Teams dan lain sebagainya.


5. Dampingi Anak saat Belajar (Bagi orang tua)
Bagi orang tua yang memili anak usia sekolah terutama masih anak-anak dan remaja untuk bisa mendampingi mereka saat proses pembelajaran. Kenapa demikian? Karena rentang usia anak-anak dan remaja cukup sulit untuk beradaptasi dan fokus belajar secara mandiri di rumah.

Yang bisa dilakukan orang tua dengan memantau kegiatan pembelajaran mereka dari jauh. Jangan ragu untuk memberikan bantuan kepada mereka apabila anak menemukan tugas belajar yang cukup sulit. Sebagaian besar anak-anak akan merasa senang bila dapat melakukan aktivitas bersama dengan orang tua mereka. Ditambah lagi jika orang tua juga aktif berkomunikasi dengan bapak/ ibu guru tentu proses pembelajaran daring di rumah akan lebih maksimal.

6. Hindari Gangguan
Kita tahu bersama bahwa proses pembelajaran di rumah memiliki banyak hal yang dapat mengganggu. HP, televisi, game, saudara yang masih kecil, bahkan makanan. Oleh karena itu salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah menghindari hal-hal tersebut.

Salah satu cara yang cukup efektif untuk menghindari gangguan belajar adalah dengan memiliki ruang belajar sendiri. Namun itu semua bergantung pada dirimu, seberapa kuat niat dan tekad kamu untuk fokus belajar.


7. Jalin Hubungan dengan Bapak/ Ibu Guru/ Dosen
Tenaga pendidik juga aktif memberikan pembelajaran untuk kamu selama pandemi covid-19 ini. Namun tidak seperti saat pembelajaran tatap muka di kelas, tentunya pengawasan yang dilakukan oleh mereka sangat berkurang. Sulit tentunya bagi mereka jika harus memantau perkembangan peserta didik satu demi satu.

Oleh karena itu dalam keadaan seperti ini kamu harus pandai menempatkan diri. Kamu harus percaya kepada para pendidik, mereka pasti akan memberi feedback untuk kamu seputar materi pembelajaran meski lambat. Jangan ragu untuk bertanya langsung kepada bapak/ibu guru dan dosen, jika kamu menemukan kendala seputar pembelelajaran.


8. Buat Grup Chat yang kundusif untuk Membuat Kelompok Belajar

Dalam keadaan seperti ini tentunya kamu tidak bisa keluar rumah untuk belajar kelompok dengan teman-teman kamu.  Meski demikian kamu masih bisa belajar kelompok dengan teman-teman kamu melalui aplikasi berbasis chat seperti Whatsapp dan Telegram.

Maksimalkanlah aplikasi tersebut membuat kelompok belajar bersama teman-teman kamu.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat belajar di rumah pad masa pandemi Covid-19 ini. Semoga proses pembelajaran di rumah berjalan dengan baik dan tidak membosankan. Berdoalah supaya pandemi ini cepat berakhir, sehingga kita bisa belajar di kelas dengan teman-teman kita lagi. Tentunya kamu sudah sangat rindu saat-saat tersebut.

1 komentar untuk "Tips Belajar Daring/ Online pada masa pandemi Covid-19 2021 ! | Teman Kuliah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel