Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo

Universitas Moestopo
Universitas Moestopo (Beragama)

Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) atau yang biasa disingkat UPDM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, Universitas ini didirikan oleh Prof.Dr.Moestopo pada 15 Mei 1961.

Mengutip data PDDIKTI Kemendikbud, beberapa program studi atau jurusan di Universitas Moestopo mendapatkan akreditasi A seperti Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter Gigi, hingga Manajemen.

Universitas ini memiliki 3 kampus, kampus utama UPDM beralamat di Jl. Hang Lekir I No. 8 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Ibu Kota Jakarta.

Sedangkan kampus 2 berada di Jl. Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dan Kampus 3 berada di Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami, Pesanggrahan.

Visi dan Misi Universitas Mostopo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi dan misi yang didasari oleh statuta tahun 2014 dalam Bab II Pasal 2 dan 3.

Adapun visi universitas ini adalah mewujudkan komunitas pendidikan tinggi yang unggul, professional, dan berintegritas dalam membangun masyarakat Indonesia yang maju, demokratis, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan tidak lepas juga dalam menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang unggul dan berprestasi serta jauh dari kecanduan terhadap permainan slot online.

Sedangkan visi Universitas Moestopo, meliputi:

  • Mengembangkan Ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia.
  • Mengembangkan komunitas UPDM(B) untuk menjadi kader bangsa yang unggul, berwatak, kritis, dan mempunyai semangat belajar seumur hidup.
  • Mengembangkan berbagai bentuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang ilmu, teknologi, dan seni yang berdaya guna dan berhasil guna.
  • Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi kemanusiaan secara optimal, dan terintegrasi, dan berkesinambungan.
  • Mengembangkan sumber daya manusia yang professional dan yang merasa bangga menjadi bagian dari UPDM (B)

Pasal 3 Tujuan :

  • Terwujudnya partisipasi dan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Tercapainya keunggulan institusi yang berkarakter adaptif, pintar kreatif, proaktif terhadap tuntutan perkembangan lingkungan yang strategis dengan senantiasa melestarikan nilai-nilai kebangsaan.
  • Terwujudnyae good university governanc yang akan memberdayakan dan mendayagunakan potensi sumber daya manusia dan kreativitas secara optimal, efektif, dan efisien.
  • Terbangunnya iklim akademik yang kondusif bagi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna.
  • Termilikinya sumber daya manusia yang kapabel dan professional berbasis kinerja Tridharama yang mempunysi sence of belonging dan belajar sepanjang hayat

Fakultas di Universitas Moestopo

Dalam pengembangannya, Universitas Prof. Dr. Moestopo memiliki 6 fakultas, yaitu: Kedokteran Gigi, Kedokteran, Sosial Politik jurusan Administrasi Negara, Ekonomi Khusus dalam Ekonomi Perusahaan, Pertanian, dan Publisistik. Namun, fakultas pertanian tidak dapat disediakan karena tidak ada peminatnya.

Demikian pula, pada tahun 1971, fakultas kedokteran, karena tidak memiliki rumah sakit pendidikan, harus ditutup. Pada tahun 1980, Fakultas Publisistik berjalan dan mengubah namanya menjadi Fakultas Komunikasi.

Hari ini, Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo mengelola 4 fakultas dan 1 program pascasarjana.

Program Studi Universitas Moestopo

Dikutip dari laman resmi PDDIKTI, berikut adalah daftar program studi yang ada di Universitas Moestopo:

  1. Administrasi Publik (S1), Akreditasi A
  2. Akuntansi (S1), Akreditasi B
  3. Ilmu Hubungan Internasional (S1), Akreditasi A
  4. Ilmu Komunikasi (S1), Akreditasi A
  5. Manajemen (S1), Non Akreditasi
  6. Pendidikan Dokter Gigi (S1), Akretidasi A
  7. Teknik Industri (S1), Non Akreditasi
  8. Teknik Pertambangan (S1), Non Akreditasi
  9. Profesi Dokter Gigi (Profesi), Akreditasi A
  10. Administrasi Publik (S2), Non Akreditasi
  11. Ilmu Administrasi (S2), Non AKreditasi
  12. Ilmu Komunikasi (S2), Akrediasi A
  13. Manajemen (S2), Akreditasi A
  14. Administrasi Publik (S3), Non AKreditasi

Demikian informasi lengkap mengenai Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo. Beberapa program studi di atas kemungkinan akan berubah masa akreditasinya jika sudah kadaluarsa ataupun diurus baru.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama