Sekolah Tinggi Teologia (STT) HKBP Pematangsiantar



Hai sobat blog…

Siapa nih, yang ingin bekerja di ladangnya Tuhan ? Tentu akan menyenangkan bukan bila kita bisa bekerja sambil melayani Tuhan ? Tercukupi kebutuhan Rohani dan Duniawi. Berikut kami telah merangkum beberapa penjelasan tentang sekolah teologia yang satu ini.

Kami harap, artikel ini dapat membantu para sobat yang sedang mencari referensi tentang Sekolah Tinggi  Teologi. terkhususnya bagi sobat yang berdomisili di Pematangsiantar.

Sejarah STT HKBP Pematangsiantar

Sekolah Tinggi Teologia (STT) HKBP Pematangsiantar adalah Perguruan Tinggi yang berbentuk sebuah Sekolah Tinggi berbasis Theologia Kristen. Berlokasi di Jl. Sangnawaluh No. 6, Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Perguruan Tinggi Swasta imi adalah milik Gereja HKBP, mempunyai luas 21 hektar. Pada awalnya merupakan bagian dari Yayasan Universitas HKBP Nommensen, dan pertama kali di suarakan oleh Sinode Godang (Sinode Agung HKBP) pada tahun 1952. Sebagai respon atas permintaan masyarakat dan tugas pelayanan yang diemban.

Sinode Agung menerima usulan tersebut dan membentuk sebuah Panitia persiapan Pendirian dengan jangka waktu kerja satu tahun. Pada Sinode Agung tahun 1953, Panitia tersebut melaporkan hasil kerja mereka yang kemudian diterima dan disahkan oleh Sinode tersebut.

Selama 2 tahun bekerja, Panitia tersebut mempersiapkan alat-alat perlengkapan yang dibutuhkan. Seperti Kompleks Universitas (gedung ruang kuliah), isi dalam gedung beserta staff pengajarnya.

Perguruan Tinggi ini didirikan di bekas Kompleks Rumah Sakit Pantoan milik Marjanji Estate Pematangsiantar. Hingga pada 12 April 1978, secara resmi memisahkan diri secara administratif dari Universitas HKBP Nommensen.

Program Studi STT HKBP Pematangsiantar

             S.1 Teologia (Gelar S.th)

             M.Div - Theologia

             S.2 - Theologia, SEAGST

             S.3 - Theologia, SEAGST

Visi dan Misi STT HKBP Peematangsiantar

* Visi :

Sekolah Tinggi Theologia (STT) HKBP menjadi pusat pendidikan teologi yang cemerlang melalui suatu sistem persekutuan, pembelajaran teologia yang bermutu, terbuka, dialogis, inklusif dan bekerjasama dengan gereja, jemaat-jemaat, lembaga pendidikan tinggi teologia lain, dalam menghadapi dinamika kehidupan masyarakat pluralis masa kini dan masa yang akan mendatang.

* Misi :

1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) baik dosen, pegawai dan mahasiswa secara bertahap dan berkelanjutan.

2. Menata dan mengembangkan suatu sistem persekutuan pembelajaran teologia yang berdasarkan nilai-nilai kristani

3. Memberikan pelayanan edukasi dan pedagogi di bidang teologi yang bermutu kepada mahasiswa, pekerja jemaat, dan warga jemaat.

Misi Prodi :

Memperlengkapi mahasiswa dengan pemahaman Alkitab, ilmu teologi, dan disiplin ilmu lainnya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan gereja dan masyarakat yang bermutu di tengah pluralitas kehidupan masa kini dan masa yang akan datang.

Tujuan STT HKBP Pematangsiantar

1. Menghasilkan calon pelayan yang memiliki kedewasaan spiritual dan kepribadian yang handal.

2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdi sebagai tenaga profesional, baik di gereja maupun di masyarakat.

3. Menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi berteologi secara kontekstual, dialogis dan dinamis.

4. Menghasilkan tamatan yang memiliki wawasan ekumenis di Indonesia dan dunia pada umumnya.

5. Menghasilkan tamatan yang mampu melakukan penelitian dan pengembangan dalam langka mendukung pengembangan ilmu teologi di Indonesia maupun Dunia.

6. Tujuan program studi ini juga sesuai dengan tujuan lembaga, yaitu : menghasilkan calon-calon pelayan di gereja yang memiliki dedikasi tinggi maupun mengkontekstualisaikan ilmunya dalam kehidupan bergereja dan bermasyarakat di Indonesia maupun Dunia.

Gimana sobat ? Tertarik menjadi mahasiswa theologia di Perguruan Tinggi yang satu ini ?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama