Mengenal Universitas Gadjahmada

 



Universitas Gadjah Mada (UGM) masih menjadi salah satu kampus terfavorit sampai sekarang. Setiap tahunnya banyak calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri untuk mengenyam studi di UGM.

UGM memang jadi kampus yang banyak diminati orang. Popularitas UGM sebagai salah satu kampus impian terbukti dari ranking yang sudah diraih UGM. Para lulusan dari kampus ini juga terbilang cukup sukses, dari menjadi pengusaha, dokter, musisi, bahkan banyak penyanyi top yang diundang untuk membawakan lagu di kampus ini ketika mengadakan acara-acara seperti lagu chord buih jadi permadani.

Contohnya, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) 2022 yang menempatkan UGM pada posisi 254 secara global, dan posisi nomor satu di Indonesia.

Fakultas dan jurusan yang ada di UGM

Sejak berdiri pada 16 Desember 1949, UGM selalu berkembang. Dari yang hanya memiliki 6 fakultas saja, kini sekarang sudah 20 fakultas. Sebanyak 18 fakultas merupakan program sarjana, sementara dua lainnya merupakan program pascasarjana.

Berikut daftar fakultas dan jurusan yang ada di UGM.

1.Fakultas Biologi

2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis

3. Fakultas Farmasi

4. Fakultas Filsafat

6. Fakultas Hukum.

7. Fakultas Ilmu Budaya

8. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

9. Fakultas kedokteran Gigi

10. Fakultas Kedokteran Hewan

11. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

12. Fakultas Kehutanan

13. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

14. Fakultas Pertanian

15. Fakultas Peternakan

16. Fakultas Psikologi

17. Fakultas Teknik

18. Fakultas Teknologi Pertanian

Logo dan bentuk Universitas Gadjahmada

1. Pusat lambang berupa matahari yang memiliki berlubang dan memancarkan sinar dalam bentuk lima kesatuan kumpulan sinar. Setiap kesatuan kumpulan sinar terdiri dari sembilan belas sorot sinar. Surya dan sinar berwarna kuning emas.

2. Di sekitar lubang di tengah surya terdapat dua bentuk lingkaran. Lingkaran dalam terdiri dari huruf-huruf berbunyi: GADJAH MADA. Lingkaran luar, di bagian atas terdapat tulisan UNIVERSITAS, dan di bagian bawah tertulis JOGJAKARTA. Kedua bentuk lingkaran itu bersusun, sehingga serupa surya kembar, sedangkan lima kesatuan kumpulan sinar surya berbentuk kartika atau bintang bersegi lima.

3. Pusat lambang dilindungi oleh lima songkok, ialah topi kebesaran panglima. Di antara songkok-songkok terdapat lima tombak. Songkok berwarna putih dan tombak berwarna kuning.

Jas Almamater (Almet) UGM

UGM berdiri 19 Desember 1949 bertepatan dengan setahun Agresi militer Belanda 19 Desember 1948, dengan rektor pertama Prof.dr. Sardjito. Uniknya, UGM memiliki warna jas almamater yang sedikit berbeda dengan yang lain.

Sangat sulit mendeskripsikan warna Jas Almamater UGM. Warna jas almamater UGM seperti “absurd” kalau tak mau dibilang “ora ceto” (bahasa Jawa=tidak jelas).

Kita dengan mudah mengatakan; misalnya kuning untuk jas almamater UI, biru muda untuk UM, atau yang lainnya. Coba sebutkan warna jas UGM? Bingung bukan? Kuning tidak, hijau tidak, cream juga bukan. Lantas apa warnanya? Banyak sependapat tentang warna jas almamater UGM adalah berwarna perjuangan.

Biaya Kuliah UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta telah menetapkan biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) Uang Kuliah Tunggal Tahun Akademik 2021/2022 sebagai biaya kuliah yang ditanggung setiap mahasiswa baik program Sarjana maupun Diploma.

Uang Kuliah Tunggal terdiri dari kelompok I sampai dengan kelompok VIII yang ditentukan berdasarkan kelompok kemampuan ekonomi ekonomi masing-masing.

Uang kuliah di UGM terbilang tinggi, namun hal itu sebanding dengan ilmu yang di dapatkan. Di balik uang kuliah yang terbilang tinggi tersebut, ternyata ada juga mahasiswa yang gemar bermain slot online dengan tujuan menambah pemasukan, namun hal itu malah membuat kecanduan bagi para mahasiswa. Hal ini sudah menjadi perhatian penting bagi pihak kampus, untuk lebih memperhatikan kondisi dari setiap mahasiswa.

Pengelompokan UKT ditentukan berdasarkan penghasilan yang terdiri penghasilan kotor + penghasilan tambahan ayah dan ibu, ditambah penghasilan tambahan ayah dan ibu dengan kriteria sebagai berikut:

1. UKT 0 Peserta Bidikmisi

2. UKT 1 Penghasilan ≤ 500.000

3. UKT 2 500.000 < Penghasilan ≤ 2.000.000

4. UKT 3 2.000.000 < Penghasilan ≤ 3.500.000

5. UKT 4 3.500.000 < Penghasilan ≤ 5.000.000

6. UKT 5 5.000.000 < Penghasilan ≤ 10.000.000

7. UKT 6 10.000.000 < Penghasilan ≤ 20.000.000

8. UKT 7 20.000.000 < Penghasilan ≤ 30.000.000

9. UKT 8 Penghasilan > 30.000.000

Itulah seputar informasi mengenai Universitas Gadjahmada (UGM) semoga blog ini bisa memberikan ilmu dan menambah wawasan kita semua, Terimakasih!

 

 

7 Komentar

Lebih baru Lebih lama