Langsung ke konten utama

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)


Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun  1987.

Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru  didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana.

Jurusan Universitas Indonesia

Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ilmu Komputer. Program Studi yang terdapat di Universitas Indonesia saat ini berjumlah 291 program studi, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 47.166 orang dan 309 orang mahasiswa asing yang mengikuti program bergelar maupun non-gelar.

Pendaftaran dan jalur masuk Universitas Indonesia

Kalau mau kuliah di Universitas Indonesia, kamu bisa mencoba jalur SNMPTN, UTBK-SBMPTN, maupun jalur mandiri. Ada 2 jenis seleksi mandiri di Universitas Indonesia, yaitu SIMAK UI dan PPKB. Apa saja perbedaan jalur-jalur seleksi ini? yuk simak!

1. SNMPTN

- Menggunakan nilai rapor semester 1 s/d 5

- Jadwal seleksi antara bulan Januari-Februari

- Terbuka untuk calon mahasiswa S1 Reguler

- Seleksi secara online

- Gratis

2. Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB)

- Menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya

- Jadwal seleksi antara bulan Februari-Maret

- Terbuka untuk calon mahasiswa S1 Paralel, Vokasi, dan Kelas Internasional

- Seleksi secara online

- Biaya pendaftaran 750.000 rupiah

3. UTBK SBMPTN

- Menggunakan skor ujian UTBK-SBMPTN

- Jadwal seleksi antara bulan April-Mei

- Terbuka untuk calon mahasiswa S1 Reguler

- Seleksi ujian online atau di beberapa titik lokasi

- Biaya pendaftaran 200.000 - 300.000 rupiah

4. Seleksi Masuk UI (SIMAK UI)

- Menggunakan skor ujian SIMAK

- Jadwal seleksi antara bulan Juni-Agustus

- Terbuka untuk calon mahasiswa S1 Reguler, S1 Paralel, Vokasi, dan Kelas Internasional

- Seleksi ujian online atau di beberapa titik lokasi

- Biaya pendaftaran 400.000 - 1.300.000 rupiah

Akreditasi dan ranking Universitas Indonesia

- Terakreditasi A oleh BAN-PT

- Ranking #2 di Indonesia versi UniRank

- Ranking #9 di Asia Tenggara versi Webometrics

- Ranking #305 di Dunia versi QS World University

Arti lambang Universitas Indonesia

Ide awalnya lambang Universitas Indonesia berasal dari kala-makara yang merupakan dua kekuatan yang ada di alam. Kala sebagai kekuatan di atas atau kekuatan matahari dan makara sebagai kekuatan di bawah atau kekuatan bumi.

lambang Universitas Indonesia memiliki dua unsur, yaitu pohon yang terdapat cabang-cabang dan juga makara. Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari situs resmi Universitas Indonesia:

1. Kuncup pohon ilmu pengetahuan.

2. Cabang-cabang pohon ilmu.

3. Pancuran yang keluar berbentuk makara.

4. Air yang keluar dari makara.

Pohon dan cabang beserta kuncupnya melambangkan pohon ilmu pengetahuan dan cabang-cabang dari ilmu tersebut. Kuncup bermakna ilmu tersebut akan mekar dan menjadi ilmu baru.

Kuncup-kuncup tersebut akan mekar apabila pohon pengetahuan itu hidup. Sumaxtono ingin menggambarkan bahwa cabang-cabang ilmu pengetahuan akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Makara tersebut mengalirkan air yang berarti hasilnya menyebar ke seluruh penjuru atau dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Belakangan untuk memudahkan lambang ini selalu disebut dengan makara Universitas Indonesia. Padahal makara hanya satu bagian dari lambang tersebut.

Warna-warna makara Universitas Indonesia

Warna makara UI secara umum adalah berwarna kuning, sedangkan di setiap fakultasnya UI memiliki warna makara/panji yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut:

1. Fakultas Kedokteran: hijau

2. Fakultas Kedokteran Gigi: hijau - putih

3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: biru - hitam

4. Fakultas Teknik: biru

5. Fakultas Hukum: merah

6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis: abu-abu

7. Fakultas Ilmu Budaya: putih

8. Fakultas Psikologi: biru muda

9. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: jingga

10. Fakultas Ilmu Administrasi: merah - ungu

11. Fakultas Kesehatan Masyarakat: ungu

12. Fakultas Ilmu Komputer: biru - merah

13. Fakultas Ilmu Keperawatan: biru muda - biru - biru muda

14. Fakultas Farmasi: biru - hijau

15. Program Vokasi (D3): hijau - jingga - biru

16. Sekolah Ilmu Lingkungan: hitam - hijau

17. Sekolah Kajian Stratejik dan Global: hitam - abu-abu

Gimana? Udah lengkap belum informasi seputar Universitas Indonesia? Semoga kamu bisa jadi salah satu maba UI tahun ini ya. Thankyou!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad

Mengenal Universitas Gadjahmada

  Universitas Gadjah Mada (UGM) masih menjadi salah satu kampus terfavorit sampai sekarang. Setiap tahunnya banyak calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri untuk mengenyam studi di UGM. UGM memang jadi kampus yang banyak diminati orang. Popularitas UGM sebagai salah satu kampus impian terbukti dari ranking yang sudah diraih UGM. Contohnya, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) 2022 yang menempatkan UGM pada posisi 254 secara global, dan posisi nomor satu di Indonesia. Fakultas dan jurusan yang ada di UGM Sejak berdiri pada 16 Desember 1949, UGM selalu berkembang. Dari yang hanya memiliki 6 fakultas saja, kini sekarang sudah 20 fakultas. Sebanyak 18 fakultas merupakan program sarjana, sementara dua lainnya merupakan program pascasarjana. Berikut daftar fakultas dan jurusan yang ada di UGM. 1.Fakultas Biologi 2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis 3. Fakultas Farmasi 4. Fakultas Filsafat 6. Fakultas Hukum. 7. Fakultas Ilmu Budaya 8. Fakultas Ilmu Sosia