Langsung ke konten utama

Universitas Pancasila (UP)

 

Universitas Pancasila (UP) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia. Univerisitas ini memiliki dua kampus, yakni kampus utama dan kampus pascasarjana. Kampus utama terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan dan kampus Pascasarjana terletak di Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat.

Nama Pancasila diterangkan karena memiliki kedalaman arti dan sesuai dengan misi Universitas Pancasila, yaitu “Memberikan peranan positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pengembangan masyarakat berpancasila.

Pembinaan umum Universitas Panacasila di bawah naungan sebuah yayasan, yaitu Yayasan pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila yang didirkan oleh Akte Notaris G.H.S Loemban Tobing S.H Nomor: 14 tanggal 19 Januari 1970.

Berikut adalah fakultas dan program studi yang ada di Universitas Pancasila.

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Teknik
  • Fakutas Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Pariwisata
  • Program Studi S1: Akuntansi, Manajemen, Farmasi, Hukum, Teknik Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Komunikasi, Psikologi, Pariwisata
  • Program Studi D3: Perpajakan, Akuntansi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Farmasi
  • Pasca Sarjana (S2 dan S3): Ilmu Ekonomi, Ilmu Farmasi, Ilmu Hukum, Ilmu Kenotariatan, Ilmu Kefarmasian, Manajemen, Akuntansi, Teknik Mesin, Eek Celana
  • Program Profesi: Apoteker

Sejarah Universitas Pancasila

Universitas Pancasila didirikan pada 28 Oktober 1966. Kampus ini merupakan penggabungan dari Universitas Pancasila (lama) yang didirikan pada tahun 1963 dan Universitas Bung Karno.

Nama “Pancasila” yang dijadikan nama dari universitas ini sesuai dengan misi yang diemban Universitas Pancasila, yaitu sebagai berikut:

 “Memberikan peranan positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pengembangan masyarakat ber-Pancasila seperti yang dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.”

Pada saat menjalankan roda kehidupan di bidang akademis, awalnya telah tersedia tanah seluas 10.160 m² dan bangunan/gedung seluas 5.196 m² dan terletak di Jl. Borobudur No. 7 Jakarta Pusat. Tanah dan gedung tersebut dihibahkan dari Departemen Keuangan kepada Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) yang ditandatangani pada 21 April 1987.

Pada tahun 1985, Universitas Pancasila mendapat pinjaman gedung di Jl. Garuda Kemayoran Jakarta Pusat untuk kegiatan perkuliahan Fakultas Ekonomi. Dengan telah selesai dibangunnya gedung Fakultas Ekonomi di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan pada tahun 1988, perkuliahan mahasiswa Fakultas Ekonomi pindah ke gedung yang baru dan secara bertahap diikuti oleh fakultas yang lainnya.

Saat ini Universitas Pancasila telah memiliki kampus di Srengseng Sawah seluas 111.255 m² dengan bangunan seluas 38.076 m² terdiri dari Rektorat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknik, sementara itu kampus Jalan Borobudur No. 7 Jakarta Pusat, saat ini dipergunakan untuk perkuliahan Program Pascasarjana.

Kampus

Universitas Pancasila terdiri dari 2 kampus, yaitu Kampus utama terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan dan kampus Pascasarjana terletak di Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat.

Jakarta Selatan

Kampus UP yang di Jakarta Selatan, terletak di perbatasan antara Kota Depok dan Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640. Di kampus ini tempat pendidikan jenjang D3 dan S1.

Di kampus UP Jakarta Selatan juga terdapat sebuah stasiun yang dinamakan dengan Stasiun Universitas Pancasila. Stasiun ini mengakomodasi kebutuhan warga kampus yang berasal dari berbagai tempat sekitar Jakarta dan kebutuhan masyarakat sekitar kampus.

Jakarta Pusat

Kampus dua Universitas Pancasila berada di Jalan Borobudur Nomor 7, Jakarta Pusat 10320. Di kampus ini tempat ptogram jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3) dipusatkan.

Fasilitas Kampus Universitas Pancasila

Berikut beberapa fasilitas yang ada di kampus UP:

  • Perpustakaan
  • Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum
  • Ruang Peradilan Semu
  • Laboratorium
  • Tax Center
  • Pojok Bursa Efek Indonesia
  • Fasilitas Kesehatan berupa Poliklinik dan Apotek
  • Organisasi Kemahasiswaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo

Universitas Moestopo (Beragama) Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) atau yang biasa disingkat UPDM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, Universitas ini didirikan oleh Prof.Dr.Moestopo pada 15 Mei 1961. Mengutip data PDDIKTI Kemendikbud, beberapa program studi atau jurusan di Universitas Moestopo mendapatkan akreditasi A seperti Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter Gigi, hingga Manajemen . Universitas ini memiliki 3 kampus, kampus utama UPDM beralamat di Jl. Hang Lekir I No. 8 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Ibu Kota Jakarta. Sedangkan kampus 2 berada di Jl. Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dan Kampus 3 berada di Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami, Pesanggrahan. Visi dan Misi Universitas Mostopo Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi dan misi yang didasari oleh statuta tahun 2014 dalam Bab II Pasal 2 dan 3. Adapun visi uni

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad