Langsung ke konten utama

Sejarah Universitas Pertamina

 


Universitas Pertamina (UP) didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016 yang diterbitkan pada 1 Februari 2016 tentang izin pendirikan Universitas Pertamina.

Sementara, universitas Pertamina dilakukan pada 11 Februari 2016 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidkan Tinggi dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), yang didukung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Berdirinya Universitas Pertamina merupakan wujud kontribusi dari PT Pertamina (Persero) kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi. Universitas Pertamina didirikan dengan semangat menjadi perguruan tinggi berkelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi.

Pengelolaan Universitas Pertamina dilakukan oleh sebuah Yayasan Pertamina atau Pertamina Foundation. Pertamina Foundation merupakan yayasan mulai dari 2012-2014 telah mendanai lebih dari Rp 300 miliar untuk berbagai kegiatan berorientasi pendidikan dan lingkungan hidup antara lain, implementasi Education for Sustainable Development (Sekolah Sobat Bumi), hibah penelitian dan anugerah riset, beasiswa, relawan tenaga pendidikan, dan restorasi lingkungan.

Sementara pada 2015, Pertamina Foundation lebih meningkatkan fokus pada program-program pendidikan. Seperti, memperluas cakupan wilayah kerja dan pendanaan program. Selain itu, membangun sistem manajemen program berbasis teknologi informasi dan merintis pendirian Universitas Pertamina. Universitas Pertamina saat ini memiliki 6 Fakultas dan 15 Program Studi strata 1, yaitu:

·       Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan Program Studi: Teknik Geologi, Teknik Geofisika, dan Teknik Perminyakan

·       Fakultas Teknologi Industri, dengan Program Studi: Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik

·       Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan Program Studi: Manajemen dan Ekonomi

·       Fakultas Perencanaan Infrastruktur, dengan Program Studi: Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan

·       Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, dengan Program Studi: Kimia dan Ilmu Komputer

·       Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, dengan Program Studi: Hubungan Internasional dan Komunikasi

Sejumlah fakultas dan program studi tersebut didukung oleh dosen-dosen lulusan Master dan Doktor terbaik dari dalam dan luar negeri, dengan 225 tenaga penunjang (dosen tidak tetap, teknisi, laboran, pustakawan, dan tenaga kependidikan). Jumlah ini diharapkan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Dengan peta jalan yang telah disusun, Universitas Pertamina akan menjadi universitas yang masuk dalam Peringkat Terbaik Dunia (Top World University). Untuk mencapai visi tersebut, Universitas Pertamina akan memenuhi sejumlah kriteria.

Pertama, menghasilkan para lulusan atau sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dan dapat menjadi global champion. Kedua, Universitas Pertamina akan menghasilkan produk penelitian dan inovasi yang berkualitas serta bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan dunia. Terakhir, Universitas Pertamina ikut aktif dalam mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan inovasi tersebut ke masyarakat.

Lebih lanjut, Universitas Pertamina bertekad untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan yang berkualitas dan terjangkau. Universitas Pertamina menyediakan beasiswa bagi masyarakat yang berasal dari golongan ekonomi lemah dan/atau berprestasi secara akademik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Mengenal Universitas Gadjahmada

  Universitas Gadjah Mada (UGM) masih menjadi salah satu kampus terfavorit sampai sekarang. Setiap tahunnya banyak calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri untuk mengenyam studi di UGM. UGM memang jadi kampus yang banyak diminati orang. Popularitas UGM sebagai salah satu kampus impian terbukti dari ranking yang sudah diraih UGM. Contohnya, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) 2022 yang menempatkan UGM pada posisi 254 secara global, dan posisi nomor satu di Indonesia. Fakultas dan jurusan yang ada di UGM Sejak berdiri pada 16 Desember 1949, UGM selalu berkembang. Dari yang hanya memiliki 6 fakultas saja, kini sekarang sudah 20 fakultas. Sebanyak 18 fakultas merupakan program sarjana, sementara dua lainnya merupakan program pascasarjana. Berikut daftar fakultas dan jurusan yang ada di UGM. 1.Fakultas Biologi 2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis 3. Fakultas Farmasi 4. Fakultas Filsafat 6. Fakultas Hukum. 7. Fakultas Ilmu Budaya 8. Fakultas Ilmu Sosia