Langsung ke konten utama

Universitas Sumatera Utara (USU)

 

Universitas Sumatera Utara (USU) adalah sebuah kampus negeri yang berada di Medan, Sumatera Utara. Awalnya, kampus ini bernama Yayasan Universitet Sumatra Utara pada tahun 4 Juni 1952. Fakultas pertama yang ada di USU adalah fakultas Kedokteran yang berisi pada 20 Agustus 1952.

Pada 20 Novermber 1957, Presiden Soekarno meresmikan USU sebagai Universitas Negeri ke-7 di Indonesia.

Pada Tahun 2018, USU kemudian berganti status dari perguruan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Bahan Hukum (PTN-BH) dan menjadi Universitas PTN-BH ke-7 di Indonesia.

Tertarik untuk berkuliah di salah satu Universitas terkemuka di Indonesia ini? Sebelum menjadi bagian dari salah satu mahasiswanya, yuk simak informasi yang berkaitan dengan kampus yang berada di kota Medan ini, lengkap dengan sejarah dan daftar fakultasnya.

Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU)

Pada 4 Juni 1952, Univeristas ini masih bernama Yayasan Sumatera Utara yang didirikan oleh Abdul Hakim Harahap. Pada saat itu, ia merupakan seorang Gubernur Sumatera Utara. Keinginannya untuk membangun sebuah Universitas di Medan, sudah dimulai sejak sebelum Perang Dunia II.

Tetapi pada masa itu, idenya ditentang oleh Pemerintahan belanda. Pada zaman pendudukan Jepang, orang terkemuka di Medan seperti Pringadi dan T. Manosoer membuat sebuah rancangan untuk mendirikan perguran tinggi kedokteran.

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah kemudian mengangkat Mohammad Djamil sebagai ketua panitia rencana pembangunan universitas. Konflil Revolusi Nasional Indonesia pada tahun 1945 hingga tahun 1949 membuat rencana itu tertunda.

Abdul hakim berinisiatif meminta kepada rakyat Sumatera Utara untuk mengumpulkan dana sosial menderikan Univeristas. Pada 31 Desember 1951, kemudian dibentuk panitia persiapan perguruan tinggi yang diketuai oleh Soemarsono yang beranggotakan Dr. Ahmad Sofian, IR. Danunagoro, dan sekretaris Mr. Djaidin Purba.

Selain itu, Dewan Pimpinan Yayasan, Organisasi USU yang terdiri dari Dewan Kurator, Presiden Universitas, Majelis Presiden, Asesor, Senat Universitas dan Dewan Fakultas.

Pada 20 Agustus 1952, setelah hasil kerja sama dan bantuan moral dan material dari masyarakat Sumatra Utara yang saat itu masih meliputi Provinsi Aceh, Fakultas Kedokteran didirikan dengan 27 orang sebagai mahasiswa. Kemudian disusul dengan berdirinya Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (1954), Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan (1956), Fakultas Pertanian (1956), dan Fakultas Kedokteran Gigi USU pada 19 Oktober 1961.

Pada tanggal 20 November 1957, USU kemudian diresmikan oleh Presiden Soekarno sebagai universitas negeri ke-7 di Indonesia. Tanggal peresmian ini menjadi Dies Natalis USU yang diperingati setiap tahun.

 Atas usul beberapa anggota senat universitas pada masa itu, hari jadi USU ditinjau kembali. Senat akhirnya memutuskan hari jadi USU ditetapkan pada 20 Agustus 1952, yaitu pada saat perkuliahan pertama kali dimulai.

Persetujuan Departemen Pendidikan Nasional, tahun 2002 kemudian di peringati sebagai Dies Natalis USU yang ke-50.

Fakultas di Universitas Sumatera Utara (USU)

Berikut daftar Fakultas yang dimiliki Universitas Sumatera Utara (USU):

Fakultas Kedokteran

Fakultas Hukum

Fakultas Pertanian

Fakultas Teknik

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Fakultas Psikologi

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Fakultas Farmasi

Fakultas Keperawatan

Fakultas Kehutanan

Sekolah Pascasarjana

Akhir Kata

Demikianlah Informasi tentang sejarah Universitas Sumatera Utara (USU) dan daftar Fakultas yang ada di USU. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca sampai habis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Mengenal Universitas Gadjahmada

  Universitas Gadjah Mada (UGM) masih menjadi salah satu kampus terfavorit sampai sekarang. Setiap tahunnya banyak calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri untuk mengenyam studi di UGM. UGM memang jadi kampus yang banyak diminati orang. Popularitas UGM sebagai salah satu kampus impian terbukti dari ranking yang sudah diraih UGM. Contohnya, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) 2022 yang menempatkan UGM pada posisi 254 secara global, dan posisi nomor satu di Indonesia. Fakultas dan jurusan yang ada di UGM Sejak berdiri pada 16 Desember 1949, UGM selalu berkembang. Dari yang hanya memiliki 6 fakultas saja, kini sekarang sudah 20 fakultas. Sebanyak 18 fakultas merupakan program sarjana, sementara dua lainnya merupakan program pascasarjana. Berikut daftar fakultas dan jurusan yang ada di UGM. 1.Fakultas Biologi 2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis 3. Fakultas Farmasi 4. Fakultas Filsafat 6. Fakultas Hukum. 7. Fakultas Ilmu Budaya 8. Fakultas Ilmu Sosia