Unpad (Universitas Padjadjaran)

 


Universitas Padjadjaran atau dikenal dengan singkatan Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Unpad berdiri pada 11 September 1957, dengan lokasi kampus di Bandung.

Saat ini, Unpad berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2014 tentang Penetapan Unpad sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum ditandatangani Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, pada 17 Oktober 2014.

Setelah itu, Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2015 tentang Statuta Universitas Padjadjaran ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo, pada 22 Juli 2015

SMUP UNPAD

Ayo, siapa yang sudah mempersiapkan diri untuk ikut SMUP Unpad tahun ini? SMUP Unpad adalah seleksi penerimaan yang diadakan dan dikelola langsung sama Universitas Padjadjaran.

Nah, buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana dan sudah incar universitas ini, simak dulu tata cara pendaftaran dan seleksi SMUP UNPAD berikut ini.

1. SMUP UNPAD Sarjana Jalur Prestasi

Proses seleksi bagi program Sarjana lewat jalur prestasi Unpad akan mempertimbangkan nilai akademik dan penghargaan atau prestasi bagi siswa yang memperolehnya di bidang sains, seni, dan olahraga.

Adapun persyaratan dan ketentuan umum yang harus dipenuhi pendaftar antara lain:

- WNI

- Lulusan SMA/MA/SMK lulusan tahun 2021

- Pendaftar harus mengikuti UTBK 2021 yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT)

- Pendaftar memiliki nilai rapor di atas KKM dari semester 1-5 bagi siswa SMA/MA/SMK.

2. SMUP UNPAD Sarjana Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur umum yang bisa diikuti oleh para siswa. Biasanya para siswa harus mengikuti ujian seleksi terlebih dahulu sebelum akhirnya dinyatakan lolos/tidaknya.

Persyaratan seleksi antara lain:

- WNI

- Lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2019, 2020 atau 2021.

3. SMUP UNPAD Sarjana Terapan Jalur Mandiri

Sejak tahun 2019, Unpad sudah mengadakan seleksi mandiri bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke program Sarjana Terapan.

Adapun beberapa persyaratannya antara lain:

- Warga Negara Indonesia (WNI);

- Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, 2020, 2021, atau Lulusan Paket C (maksimal umur 25 tahun).

PACIS UNPAD

Pacis Unpad merupakan sebuah pelatihan, seminar, dll. Fasilitas ini memiliki fungsi untuk mencatat keikutsertaan mahasiswa dan alumni dalam sebuah Acara Non-Akademik yang diselenggarakan oleh atau bekerjasama dengan Pacis Unpad

Mahasiswa atau Alumni dapat menyatakan keikutsertaannya dalam acara-acara seperti: Pelatihan, Seminar, Diskusi, Konferensi maupun acara lainnya.

JURUSAN UNPAD

Berdiri sejak 11 September 1957, Unpad telah memiliki 17 fakultas dengan berbagai jurusan yang ada di dalamnya. Sebanyak 16 di antaranya menyediakan program diploma dan sarjana untuk mahasiswa baru, sementara satu lainnya khusus untuk program pascasarjana.

Berikut daftar fakultas dan jurusan di Unpad

- Fakultas Hukum

- Fakultas Ekonomi dan Bisnis

- Fakultas Kedokteran

- Fakultas Matematika dan IPA

- Fakultas Pertanian

- Fakultas Kedokteran Gigi

- Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

- Fakultas Ilmu Budaya

- Fakultas Psikologi

- Fakultas Pertenakan

- Fakultas Ilmu Komunikasi

- Fakultas Ilmu Keperawatan

- Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

- Fakultas Teknologi Industri Pertanian

- Fakultas Farmasi

- Fakultas Teknik Geologi

BIAYA KULIAH UNPAD

Uang Kuliah Tunggal atau UKT merupakan sebagian biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya.

UKT Unpad dikelompokkan menjadi 5 kelompok sesuai dengan kriteria penghasilan, jumlah tanggungan, pekerjaan, serta tingkat pendidikan orang tua.

Penghasilan orang tua atau jumlah tanggungan diketahui dari data mahasiswa ketika melakukan registrasi sebagai mahasiswa baru. Calon mahasiswa wajib mengisi dan melangkapi biodata secara online di laman yang sudah ditentukan.

Salah satunya data pribadi orang tua/wali harus diisi lengkap alamat, penghasilan dan data lainnya yang nantinya akan dijadikan rujukan universitas untuk menentukan kelompok UKT.

Sedangkan mahasiswa yang diterima melalui Jalur Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) membayar uang kuliah dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi masing – masing.

BIAYA MANDIRI UNPAD

Mulai tahun ajaran 2020/2021 Unpad membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri.

Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana (S1) pada tahun 2019 telah menetapkan daya tampung dari setiap jalur seleksi yaitu SNMPTN (25%), SBMPTN (50%) serta Seleksi Mandiri (25%).

Mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri (SMUP) membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor dengan biaya UKT tertinggi (kelompok V) dan dikenakan biaya Dana Pengembangan (DP) dengan besaran yang berbeda-beda.

Adapun rentang besaran DP antara nilai minimum Rp. 20.000.000,- sampai nilai maksimum Rp. 250.000.000,- untuk program studi saintek, dan antara nilai minimum Rp. 15.000.000,- sampai dengan nilai maksimum Rp. 75.000.000,- untuk program studi soshum.

Uang kuliah ini terbilang tinggi, namun ini sebanding dengan pendidikan yang diterima oleh mahasiswa. Namun, karena tingginya uang kuliah di Unpad, banyak mahasiswa yang menjadi terjerumus ke permainan kartu untuk menambah pemasukan pembayaran uang kuliah.

Untuk calon mahasiswa yang terbukti berasal dari keluarga tidak mampu dapat mengikuti Seleksi Mandiri serta tidak diwajibkan membayar biaya dana pengembangan dan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Itulah informasi seputar unpad yang wajib kalian ketahui, semoga blog kali ini bisa membantu dan menambah wawasan kalian semua ya. Kamu juga bisa kepoin lagu chord satu rasa cinta untuk menemani hari-hari kamu, semoga bermanfaat. Thankyou!

 

 

 

 

 

5 Komentar

Lebih baru Lebih lama