Langsung ke konten utama

Kuliah Jurusan Psikologi: Universitas, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja

Kuliah Jurusan Psikologi
Selain menyenangkan, jurusan kuliah psikologi bisa membuatmu memahami sifat manusia


Jurusan Psikologi – Artikel kali ini akan membahas secara lengkap dunia ilmu psikologi, mata kuliah, hingga prospek kerja setelah lulus.

Jurusan Psikologi adalah salah satu jurusan kuliah yang cukup populer belakangan ini. Banyak calon mahasiswa tamatan IPS ataupun IPA yang tertarik dengan jurusan yang satu ini.

Psikologi sendiri merupakan disiplin ilmu yang mempelajari pikiran dan perilaku manusia.

Konferensi di departemen ini akan mempelajari psikologi pengembangan manusia di seluruh jajaran kehidupan dari bayi hingga orang tua. Psikologi klinis untuk mengeksplorasi secara mendalam perilaku manusia dari sisi fisiologis dan kondisi mental. Misalnya, gangguan skizofrenia, gangguan bipolar, dll.

Untuk mengenal jurusan ini lebih jauh, mari kita simak pengertian Psikologi, Universitas, apa saka mata kuliahnya, hingga apa saja jenis pekerjaan yang bisa didapatkan setelah lulus.

Mengenal Jurusan Psikologi

Mengutip American Psychology Association, psikologi adalah bidang sains yang mempelajari pola perilaku dan pikiran manusia atau individu. Psikologi banyak digunakan untuk menemukan solusi untuk beberapa masalah kompleks yang dialami oleh manusia.

Singkatnya, Psikologi mempelajari alasan atau alasan yang mendorong seseorang untuk mengambil tindakan. Dengan ide -ide ini, diperlukan bahwa siswa psikologi dapat menemukan alasan di balik perilaku seseorang sambil memprediksi perilaku di masa depan.

Dalam semester pertama, siswa yang berspesialisasi dalam psikologi akan diperkenalkan dengan sejarah, teori-teori dan tokoh-tokoh hebat yang memainkan peran penting dalam pengembangan psikologi.

Selain itu, siswa akan mempelajari tahap perkembangan manusia, pendekatan teoritis yang digunakan untuk membedah masalah dan fenomena yang ada, serta penggunaan instrumen pengukuran.

Ada beberapa spesialisasi yang dapat ditemukan, seperti psikologi klinis, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi industri dan psikologi organisasi dan pengembangan. Kursus yang akan dipelajari akan tergantung pada spesialisasi yang Anda ambil.

Universitas

Terdapat beberapa universitas yang menyediakan jurusan Psikologi untuk kamu pelajari, di antaranya:

  • Universitas Airlangga
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Negeri Makassar
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida)
  • Universitas Al Azhar Indonesia (UAI)
  • Universitas Paramadina
  • Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)
  • Universitas Tarumanegara (Untar)
  • Universitas Kristen Maranatha
  • Universitas Binawan
  • Universitas Esa Unggul (UEU)
  • Universitas Islam Indonesia (UII)
  • Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya, kamu hanya perlu mengeksplorasinya.

Mata Kuliah Jurusan Psikologi

Berikut ini dalah mata kuliah yang akan dipelajari dalam jurusan Psikologi:

  1. Rentang Perkembangan Manusia
  2. Biopsikologi
  3. Teori-Teori Kepribadian
  4. Psikologi Sosial
  5. Psikologi Pendidikan
  6. Psikologi Komunikasi
  7. Asesmen Dasar
  8. Teori dan Aplikasi Pengukuran Psikologi
  9. Kesehatan Mental
  10. Psikologi Industri
  11. Intervensi Psikologi
  12. Psikologi Pendidikan ARBK
  13. Gangguan Mental
  14. Psikologi Organisasi
  15. Integrasi Psikologi
  16. Psikologi Faal
  17. Psikologi Perkembangan
  18. Statistika
  19. Psikometri
  20. Psikodiagnostik
  21. Kode Etik Psikologi
  22. Psikologi Konseling
  23. Patologi & Rehabilitasi Sosial
  24. Psikologi Lintas Budaya
  25. Psikologi Lingkungan
  26. Masalah-masalah Psikologis Remaja
  27. Psikogeriatri
  28. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
  29. Psikogerontologi
  30. Andragogi
  31. Pengelolaan Sumber Daya Manusia
  32. Psikologi sekolah
  33. Bimbingan & Konseling

Prospek Kerja

Mungkin banyak dari kalian yang penasaran dengan apa saja pekerjaan yang cocok dengan Jurusan Psikologi setelah lulus.

Secara umum, siswa psikologi mendambakan karier di bidang konseling. Tetapi, faktanya adalah bahwa perspektif karya lulusan psikologi tidak hanya di bidang nasihat. Ada banyak peluang kerja yang menunggu lulusan psikologi, karena psikologi adalah salah satu program studi yang paling diminta di dunia kerja.

Karena objek penelitian adalah manusia, tentu saja, setiap bidang kerja akan membutuhkan peran lulusan psikologi, bukan? Beberapa pilihan karier yang dapat Anda lakukan setelah belajar di departemen ini adalah karya di bidang Springs manusia atau HRD, bidang pelatihan (pembelajaran dan pengembangan), perekrutan dan evaluator. Lulusan psikologi juga dapat bekerja sebagai pendidik atau konsultan profesional.

Pria dan jalan kariernya cukup bervariasi. Secara umum, gaji awal rata -rata lulusan psikologi berada dalam kisaran RP. 4.000.000, tergantung pada kapasitas, area kerja, jenis pekerjaan dan pengalaman.

Berikut adalah beberapa prospek kerja jurusan psikologi:

  • Konsultan Pendidikan
  • Konsultan Karier
  • Bagian Peronalia (HRD)
  • Dosen
  • Perawat Kesehatan Mental
  • Psikiater
  • Psikolog Klinis
  • Penulis (Content Writer)
  • Research And Development (RnD)
  • Management Trainee
  • Head Hunter

Demikian informasi seputar jurusan psikologi yang perlu kamu ketahui jika ingin memasuki pendidikan tinggi. Pastikan kamu sudah memahami tentang apa yang sekiranya cocok dengan minat dan bakatmu, ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Mengenal Universitas Gadjahmada

  Universitas Gadjah Mada (UGM) masih menjadi salah satu kampus terfavorit sampai sekarang. Setiap tahunnya banyak calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri untuk mengenyam studi di UGM. UGM memang jadi kampus yang banyak diminati orang. Popularitas UGM sebagai salah satu kampus impian terbukti dari ranking yang sudah diraih UGM. Contohnya, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) 2022 yang menempatkan UGM pada posisi 254 secara global, dan posisi nomor satu di Indonesia. Fakultas dan jurusan yang ada di UGM Sejak berdiri pada 16 Desember 1949, UGM selalu berkembang. Dari yang hanya memiliki 6 fakultas saja, kini sekarang sudah 20 fakultas. Sebanyak 18 fakultas merupakan program sarjana, sementara dua lainnya merupakan program pascasarjana. Berikut daftar fakultas dan jurusan yang ada di UGM. 1.Fakultas Biologi 2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis 3. Fakultas Farmasi 4. Fakultas Filsafat 6. Fakultas Hukum. 7. Fakultas Ilmu Budaya 8. Fakultas Ilmu Sosia