Fakta menarik Universitas Sumatera Utara

Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan perguruan tinggi ini? Ya benar, Universitas Sumatera Utara yang berada di Jl. Dr. T. Mansur No. 9, Padang Bulan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Dengan sejarah panjangnya, USU tentunya menjadi salah satu pilihan terbaik bagi kalian yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, selain akan dimanjakan dengan fasilitas lengkap juga memiliki sederet prestasi yang pantas disandingkan dengan universitas terbaik lainnya di negeri ini. Maka wajib bagi kalian untuk mengetahui hal apa saja yang harus kalian ketahui tentang USU, berikut adalah informasi lengkapnya:

UKT Terendah di Indonesia

Siapa sangka ternyata salah satu penyandang predikat universitas dengan UKT terendah. Walaupun memiliki UKT rendah, bukan berarti USU tidak mampu menjamin fasilitas bagi mahasiswa. Fasilitas yang ada tetap standar dan tidak jauh berbeda dengan universitas-universitas ternama yang ada di Indonesia lainnya. Seperti gedung, saran perkuliahan, sarana penunjang sampai sarana olahraga dan hiburan serta lain sebagainya.

Universitasl Multikultural

USU menjadi kampus induk dari lahirnya kampus baru di Sumatera Utara yaitu Universitas Syiah Kuala, Universitas Negeri Medan (Medan), dan Politeknik Negeri Medan. Nah, bisa dilihat kan bahwa USU menjadi kampus sentral bagi perkembangan PTN yang lainnya.

Dengan banyaknya cabang tersebut, USU bisa disebut juga sebagai salah satu universitas multikultural, maka kalian akan belajar banyak hal mengenai kebudayaan dan adat istiadat yang baru. kalian akan menjumpai berbagai teman dengan berbagai latar belakang walaupun mayoritas adalah Suku Batak, namun suku-suku yang lain tetap ada dan hidup rukun serta saling menghormati.

Akreditasi yang Baik

USU hingga kini menawarkan lebih dari 21 program studi, dengan akreditasi yang baik sebagian besar sudah memiliki Akreditasi A, meskipun ada beberapa prodi baru yang masih dalam pemrosesan. Bahkan ada beberapa program studi diantaranya sudah memiliki akreditasi bertaraf internasional.

Kampus Bertaraf Internasional

Akreditasi USU yang sudah bertaraf internasional tentunya menjadi salah satu Universitas yang menjadi tujuan pelajar internasional untuk menimba ilmu di kampus ini. Banyak diantaranya pelajar dari negara Malaysia, bahkan dari negara lainnya di dunia.

Unit Kegiatan dan Fasilitas Penunjang yang Lengkap

Kampus USU menyediakan beragam jenis unit kegiatan mahasisiwa, mulai dari olahraga, kesenian, budaya. Keterampilan, pengetahuan, dan apapun minta bakatmu akan diwadahi dalam berbagai bentuk kegiatan. Soal fasilitas, USU memiliki salah satu perpustakaan terbaik yang ada di Indonesia. USU juga dilengkapi pula dengan berbagai fasilitas penunjang perkuliahan yang lengkap.

Selain itu, kompleks USU berada di area yang luas dan rindang juga menunjang kenyamanan proses pembelajaran baik teori maupun praktikum. USU juga mengembangkan hutan percontohan dan berbagai hal lainnya yang terkait dengan pendidikan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama