Mengenal Universitas Negeri Palangka Raya

Hai teman-teman, mungkin kalian sudah pernah mendengar tentang perguruan tinggi negeri ini. UPR adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Kalimantan, dan satu-satunya perguruan tinggi negeri di Kalimantan Tengah. Teman-teman mungkin penasaran dan ingin mengenal lebih jauh tentang perguruan tinggi ini.

Universitas ini memiliki sejarah panjang dari terbentuknya hingga sampai saat ini. Awal mula pendirian Universitas Palangka Raya dimulai dengan danya Ketetapan MPRS RI untuk seluruh Daerah Tingkat I di Indonesia untuk mendirikan sebuah Universitas Negeri. Hal tersebut membuat dibentuknya Panitia Persiapan Pembentukan Universitas Negeri oleh Gubernur Kepala Derah Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 20 Oktober 1962.

Melalui keuletan dan kegigihan Panitia Persiapan Pendirian Universitas beserta Gubernur Kepala Daerah Kalmantan tengah dalam memenuhi harapan masyarakat serta memenuhi Ketetapan MPRS RI, akhirnya berdirilah Universitas Negeri Palangka Raya yang diresmikan langsung oleh Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pendidikan pada tanggal 10 November 1963.

Universitas Palangka Raya (UPR) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Tengah. UPR semenjak didirikan menjadi perguruan tinggi negeri tertua di Kalimantan Tengah.

Visi & Misi Universitas Palangkara

Visi

Universitas Palangka Raya menjadi perguruan tinggi terbaik dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, bermoral Pancasila dan berdaya saing tinggi

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara efektif dan profesional.

2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesejahteraan masyarakat.

3. Membina kehidupan akademik yang demokratis dan dinamis dengan mendayagunakan sumberdaya secara optimal, transparan, akuntabel, dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia berkelanjutan.

4. Menyelenggarakan pengelolaan universitas berdasarkan paradigma baru manajemen pendidikan tinggi yang berazas otonomi, evaluasi, akuntabilitas, akreditasi, dan jaminan mutu yang bermuara pada peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

Perguruan ini memiliki 8 Fakultas diantaranya yaitu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Kedokteran.


Universitas ini memiliki unit yang dapat dijadikan mahasiswa sebagai sarana untuk belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi.

1. Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan

Memiliki tugas memberikan layanan perpustakaan untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengapdian masyarakat.

2. Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Memiliki tugas memberikan layanan teknologi informasi dan komunikasi serta pengelolaan sistem informasi.

3. Unit Pelaksana Teknis Lahan Gambut

Memiliki tugas dibidang pengelolaan gambut tropika untuk program penelitian dan konservasi.

4. Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Terpadu

Memiliki tugas dibidang layanan Laboratorium.

5. Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Alam

Memiliki tugas melaksanakan layanan kegiatan praktikum untuk program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi mahasiswa dan dosen.

6. Unit Pelaksana Teknis Bahasa

Memiliki tugas melaksanakan pengembangan pembelajaran, peningkatan kemampuan, dan pelayanan uji kemampuan bahasa.

Gimana teman-teman, tertarik tidak untuk masuk Universitas Palangka Raya ? Beberapa diatas adalah sekilas tentang Universitas Palangka Raya. Untuk mengetahuinya lebih dalam mungkin teman-teman bisa coba berkuliah disana juga. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama