Mengenal Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) Medan

 


PT. LPP Agro Nusantara, anak usaha Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) dibidang pengembangan sumber daya manusia (SDM), meluncurkan Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) di Medan.

Awalnya ITSI bernama Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) .STIPAP berdiri di awal tahun 2009 kemudian berganti nama pada tahun 2021 dengan nama ITSI. Professional, Integrity dan Team Work merupakan nilai nilai yang dibangun sebagai Driven dan Power bagi seluruh civitas akademika untuk mencapai yang terbaik, menjalankan amanat dalam ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Adapun Misi dan Visi ITSI

Visi ITSI

Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di Indonesia dalam Bidang Perkebunan Kelapa Sawit dan Karet pada Tahun 2025

Misi ITSI

  1.  Melaksanakan proses pendidikan tinggi secara profesional yang berbasis pada pengetahuan, teknogi dan budaya unggul.
  2. Melakukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat perkebunan kelapa sawit dan karet secara khusus dan masyarakat luas pada umumnya.
  3. Membangun hubungan profesional dengan industri dan masyarakat perkebunan kelapa sawit dan karet.
  4. Mengembangkan Institusi secara dinamis sesuai dengan perubahan dan perkembangan lingkungan dan kebutuhan Industri.

Proses Transformasi berlangsung sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 558/E/O/2021 tentang izin perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) menjadi Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) di Medan, Sumatera Utara.

Pada saat masih menggunakan nama STIPAP, perguruan tinggi ini hanya memiliki dua program studi yaitu Budidaya Perkebunan (BDP) dan Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP).

ITSI memiliki enam program studi yaitu :

  1.       Agribisnis  S1
  2.       Proteksi Tanaman S1
  3.      Digitalisasi dan IT Perkebunan S1
  4.    Teknik Kimia S1
  5.       Budidaya Perkebunan D4
  6.    Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan D4

Dalam Upaya mendukung kelancaran proses belajar mengajar di ITSI, manajemen selalu berusaha terus menerus untuk melengkapi dan memenuhi berbagai kebutuhan sarana dan prasarana serta bentuk pelayanan lainnya.  Adapun sarana dan prasarana yang merupakan fasilitas dalam melayani kebutuhan mahasiswa adalah sebagai berikut :


1. Ruang Kelas

ITSI memiliki lebih dari 20 ruang belajar dan semua ruang kelas telah dilengkapi dengan fasilitas AC dan LCD Projektor

2. Laboratorium Komputer

Selain fasilitas ruang kelas, ITSI  juga mempersiapkan fasilitas berupa Laboratorium Komputer yang di persiapkan untuk para mahasiswa.

3. Akses Internet

Untuk mempermudah dalam memperoleh berbagai informasi, bahan kuliah, lowongan kerja, dan materi lainnya ITSI menyediakan akses internet gratis untuk  seluruh mahasiswanya.

4. Perpustakaan

ITSI juga telah menyediakan fasilitas perpustakaan yang menyediakan berbagai jenis buku dan berbagai koleksi referensi. Fasilitas perpustakaan yang tersedia terletak disekitar kampus ITSI yang tenang, sejuk dan nyaman. Pelayanan perpustakaan ITSI dapat dinikmati setiap mahasiswa, dosen dan karyawan.

5. Bengkel Praktek

Untuk mahasiswa program studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP) disediakan fasilitas praktek di lingkungan kampus. Fasilitas ini dipersiapkan untuk mendekatkan para mahasiswa dari materi yang bersifat teoritis kepada kondisi yang praktis. Fasilitas praktikum dimaksud adalah bengkel praktek yang setiap saat saat dipersiapkan untuk melayani mahasiswa yang menggunakan fasilitas tersebut.

6. Laboratorium dan Rumah Kaca

Mahasiswa ITSI juga disediakan fasilitas laboratorium yang bermanfaat untuk mendukung kegiatan belajar  kuliah dan praktikum. Fasilitas laboratorium yang tersedia diantaranya Laboratorium Kimia, Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, dan Laboratorium Mutu serta Rumah Kaca.

7. Kebun Praktek dan Pembibitan

Untuk mendekatkan para mahasiswa kepada industri perkebunan yang nyata, ITSI juga menyediakan Kebun Praktek yang dapat dimanfaatkan oleh segenap mahasiswa untuk mengenal lebih dekat tentang tanaman Kelapa Sawit dan Karet.Kebun Praktek ini tersedia dilingkungan kampus ITSI sehingga memudahkan bagi mahasiswa dan dosen pengasuh untuk melaksanakan praktek di kebun.

8. Sarana Olahraga

Selain sarana dan prasarana pendidikan mahasiswa ITSI juga difasilitasi dengan sarana olah raga. Dengan demikian disamping fasilitas dalam proses belajar mahasiswa juga difasilitasi untuk kegiatan berbagai olah raga. Fasilitas olah raga yang tersedia adalah : Lapangan sepak bola, lapangan bola basket, lapangan volley, Lapangan tennis, panjang dinding (wall climbing)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama