Minat di Bidang Seni dan Budaya? Berikut ini Daftar Perguruan Tinggi Negeri Berbasis Seni dan Budaya

Dalam memillih jurusan atau perguruan tinggi, tentunya siswa memiliki bakat dan minatnya masing-masing. Pemilihan minat dan bakat bisa menjadi bahan pertimbangan siswa guna mendorong niat belajar dan berprestasi.

Selain itu memilih jurusan berdasarkan minat dan bakat, memingkinkan mahasiswa merasa lebih nyaman dan bersemangat selama menjalani perkuliahan di perguruan tinggi.

Untuk kamu yang memiliki minat dan bakat dalam bidang kesenian dan kebudayaan, Indonesia memiliki sejumlah perguruan tinggi negeri yang berbasis seni budaya.

Berikut daftar perguruan tinggi negeri berbasis kesenian kebudayaan yang perlu kamu ketahui.

1. Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar

ISI Denpasar didirikan pada 28 Juli 2003, Institut ini memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Pertunjukan Seni, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain. Dan beberapa program dari kampus ini sudah terakreditasi A. Kampus ini terletak di Bali, karena terletak di Bali maka mahasiswa pun bisa kuliah sampil menikmati keindahan Bali yang sangat mempesona.

2. Institut Seni Indoonesia (ISI) Surakarta

Kampus ISI Surakarta atau sering juga di sebut juga dengan ISI Solo merupakan salah satu institut seni negeri yang ada di Indonesia. Kampus ini memiliki dua kampus yang terletak di Ketingan dan Mojosongo. Ditiap kampus memiliki fakultas masing-masing, fakultas Seni Pertunjukan terletak di kampus kentingan dan fakultas Seni Media Rekam terletak di kampus Mojosongo.

3. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Kampus yang berdiri sejak 23 Juli 1984 dan memiliki  tiga fakultas yaitu, Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa, dan Fakultas Seni Media Rekam. Institut ISI Yogyakarta memiliki visi menjadi pelopor perguruan tinggi, dan menyelenggarakan pendidikan jenjang D3, D4, S1, S2 sampai S3.

4. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Institu ISBI resmi didirikan pada tahun 2014 dan diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Walaupun tergolong kampus baru, ISBI sendiri telah mempuyai tiga fakultas yang dilengkapi juga sepuluh program studi. Fakultas Seni Rupa dan desain memiliki tiga program studi, Fakultas Budaya dan Media memiliki 2 program studi, dan lima program studi lainnya dimiliki Fakultas Seni pertunjukan. Yang menarik, kampus ini juga memiliki kerja sama didalam dan luar negeri.

5. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua

ISBI Tanah Papua merupakan satu-satunya perguruan tinggi seni yang berada di bagian Indonesia timur. ISBI Tanah Papua diresmikan bersamaan dengan ISBI Aceh dan ISBI Bandung. Saat peresmiannya ISBI Tanah Papua direncanakan memiliki tiga fakultas dengan berbagai program studi, namun saat ini Kampus ini baru memiliki lima program studi yang merupakan bagian dari Fakultas seni Pertunjukan serta Fakultas seni rupa dan desain saja. Papua sendiri dinilai sangat kaya akan potensi seni dan budaya serta memiliki karakteristik tersendiri. Sebagai mahasiswa kampus ini tentunya akan banyak sekali seni budaya yang dapat digali.

6. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh

Dengan memiliki dua fakultas yaitu, Fakultas Seni Rupa dan desain serta Fakultas Seni Pertunjukan. Kampus ini satu-satunya PTN seni budaya yang berada di Sumatera. Walau pun tergolong masih muda sama seperti ISBI Bandung dan ISBI Tanah Papua, ISBI Aceh sudah banyak memiliki prestasi.

7. Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang

ISBI Padang Panjang terletak di kota Padang Panjang, Sumatera Barat. kampus ini juga memiliki dua fakultas, yaitu, Fakultas Seni Pertunjukan serta Fakultas Seni Rupa dan Desain. Awal dibentuk kampus ini bernama Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) lalu sesuai Perprs RI Nomor 60 Tahun 2009, pada 1 Januari berubah menjadi Institut Seni Indonesia.     

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama