Universitas dengan Jurusan IT Terbaik di Indonesia

 


Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi juga berkembang  mengikuti perkembangan zaman. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk teman-teman yang ingin masuk kuliah memilih jurusan IT. 

Mengapa begitu ?  Karena semakin berkembang teknologi, semakin banyak pula peluang teman teman semua untuk bekerja setelah kuliah apabila memilih jurusan ini. 

Tidak hanya peluang bekerja, tapi teman teman semua juga dapat menjadi freelancer, atau membuka lapangan sendiri terkait bidang IT dan teknologi.

Teman teman tidak usah bingung untuk memilih kuliah dimana dengan jurusan IT. Berikut daftar Universitas atau perguruan tinggi yang memiliki jurusan IT terbaik di Indonesia bahkan memiliki ranking di Dunia.

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia atau biasa disingkat UI adalah sebuah Perguruan Tinggi di Indonesia. Dengan kampus utamanya yang terletak di bagian Utara Depok , Jawa Barat. Sementara kampus utama lainnya terletak di Salemba, Jakarta Pusat.


Universitas Indonesia dianggap sebagai 3 Universitas terbaik di Indonesia, bersama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institit Teknologi Bandung. Nah, jurusan IT Universitas Indonesia merupakan jurusan dengan peringkat pertama jurusan IT terbaik di Indonesia, dan merupakan peringkat 200-251 di dunia.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung merupakah salah satu universitas dengan peringkat tinggi di Indonesia. ITB berlokasi di kota Bandung. Kampus utama berada di Jl. Ganeca no.10 yang memiliki nama lain sebagai G-off atau kampus Ganesa. Dua lainnya berada di daerah Jatinangor dan juga di Cirebon. 

Kampus utama ITB saat ini merupakan salah satu kampus teknik tertua di Indonesia, sekaligus lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda.

Sebagai kampus, ITB adalah wadah yang nyaman dan kondusif bagi berbagai kegiatan intelelektual dan kebudayaan dengan atmosfer akademik yang terbuka terhadap pertukaran gagasan dan pengalaman, pemikiran-pemikiran kritis dan visioner, disertai sikap yang menjunjung tinggi kebebasan akademik dalam keanekaragaman keilmuan dan budaya.

ITB merupakan Universitas dengan peringkat kedua Jurusan IT terbaik di Indonesia dan peringkat 251-300 di Dunia.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) didirikan oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 berdasar pada Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 mengenai Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi Universitas pada tanggal 16 Desember 1949. 

Kampus yang berlokasi di Bulaksumur, Yogyakarta ini juga menjadi Universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah kemerdekaan.

Universitas Gadjah Mada saat ini memiliki 18 Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana dan 1 Sekolah Vokasi dengan berbagai macam pilihan program studi. Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi peringkat ketiga jurusan IT terbaik di Indonesia dan peringkat 301-350 di dunia.

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan kampus yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Kampus yang berdiri pada tanggal 10 November 1957 tersebut, awalnya didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) dengan ketuanya Dr. Angka Nitisastro. 

Awal berdirinya ITS ditujukan untuk mendidik pemimpin-pemimpin yang unggul di bidang teknologi dan sains untuk kemajuan peradaban Republik Indonesia. ITS merupakan perguruan tinggi peringkat keempat jurusan IT terbaik di Indonesia dan peringkat 351-400 di dunia.




5. Binus University

Binus merupakan salah satu universitas swasta dengan beberapa fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Sekolah Desain, Sekolah Ilmu komputer dan Sekolah Bisnis dan Manajemen. Dikutip dari laman Gramedia, “Binus memiliki 7 fakultas dengan 4 program diploma, 51 program sarjana, 6 program magister, dan 2 program doktor. 

Binus memiliki 8 kampus di lokasi yang berbeda, yakni 4 di Jakarta, satu di Tangerang Selatan, satu di Bandung, satu di Bekasi dan satu di Malang.” Walaupun perguruan tinggi swasta namun Binus mendapati peringkat kelima jurusan IT terbaik di Indonesia dan peringkat 401-450 di dunia.

Bagaimana teman teman ? Tertarik untuk mengambil jurusan IT dan berkuliah di daftar perguruan tinggi diatas ? Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua dan tertarik untuk mengambil jurusan IT.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama