Langsung ke konten utama

6 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi
Bukan tanpa alasan, memilih jurusan komunikasi bisa mendatangkan berbagai hal positif untukmu

Bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi dan sedang bingung mau milih jurusan apa, teman-teman bisa mendalami ilmu komunikasi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Kenapa harus komunikasi? Apa alasan memilih jurusan ilmu komunikasi? Agar lebih memahaminya, silahkan simak artikel ini sampai selesai, ya!

Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari berbagai jenis dan tingkatan komunikasi yang berkaitan erat dengan kehidupan sosial manusia. Komunikasi merupakan kegiatan yang penting bagi manusia sebagai makhluk sosial.

Dalam dunia pendidikan tinggi, terdapat banyak jurusan yang pastinya akan berguna untuk masa depan calon mahasiswa/mahasiswi, salah satunya ilmu komunikasi. Mungkin banyak mitos yang mengatakan jika jurusan ini akan sulit mendapatkan pekerjaan setelah menjadi alumni.

Namun jika ditelaah lebih dalam, hal tersebut tentu tidak benar mengingat prospek kerja jurusan ini banyak sekali diperlukan oleh industri saat ini.

Oleh sebab itu, dirangkum Temankuliah.com dari berbagai sumber, berikut adalah serangkaian alasan mengapa kalian harus memilih studi ilmu komunikasi.

1. Belajar Banyak Hal Tentang Persoalan Dunia

Alasan memilih jurusan ilkom tentu sangat banyak manfaatnya, salah satunya adalah kamu akan mempelajari banyak hal tentang dunia ini. Kamu akan melihat bagaimana media dapat mempengaruhi hubungan setiap golongan masyarakat.

Kamu akan sering melihat banyak permasalahan internal dalam suatu kelompok yang diakibatkan karena kesalah pahaman komunikasi atau bahkan tidak adanya komunikasi.

Pada saat itu juga, kamu akan melihat bagaimana komunikasi dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di ruang lingkup masyarakat.

2. Jurusan yang Keren

Mungkin sedikit terdengar klise, namun tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu asalan memilih jurusan ini karena ilmu komunikasi adalah jurusan yang keren.

Mengapa demikian? Bayangkan saja bagaimana bisa sebuah usaha laris manis karena poster yang berisi ajakan untuk menggait konsumen secara masif. Nah, poster tersebut adalah salah satu bentu komunikasi yang dilakukan lewat text dan gambar.

Lihat Juga: Tips memilih jurusan kuliah

Belum lagi kalau kamu lagi sering dengar isu sosial, lihat bagaimana komunikasi dapat menyelesaikannya tanpa harus membuat pihak manapun tersinggung.

3. Belajar Banyak Ilmu

Di sini, kamu akan mempelajari banyak ilmu yang sangat cepat berkembang. Pernah dengar “sebuah foto dapat mengatakan segalanya”? Sedih, senang, bahagia, bingung, marah, kesal, dan lain-lain bisa tersampaikan hanya lewat Foto.

Kamu akan mempelajari bagaimana mengambil sebuah foto dengan baik dan benar, yang dapat menggambarkan keadaan tanpa harus memberitahunya lewat text. Otak manusia itu sangat dinamis dan cepat menangkap informasi lewat sesuatu yang berwarna, bahkan hitam sekalipun.

Selain itu, belajar ilmu komunikasi secara tidak langsung melatihmu untuk berani berbicara di depan umum, yang mana hal tersebut tidak semua orang dapat melakukannya. Kamu juga menjadi up to date dengan perkembangan informasi terbaru, karena bisa menjadi materi utama untuk bisa menyelesaikan masalah yang sedang terjadi.

4. Prospek Kerja yang Bagus

Mungkin bekerja di media jarang diminati oleh sebagian orang, namun bekerja di media juga bisa mendatangkan uang yang banyak jika kamu tahu bagaiman mengelolanya dengan baik.

Bekerja di media adalah salah satu prospek kerja yang bisa didapatkan oleh lulusan ini. Di media, kamu mendapat banyak pilihan yang bisa diambil seperti menjadi jurnalis atau wartawan, editor, humas, analis media, penerbit, redaktur, penulis, dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat berbagai pilihan karier professional yang bisa kamu raih ketika lulus dari jursan ini seperti Produc Manager, Telemarketer, pengamat komunikasi publik, penyiar, story teller, hingga menjadi konten kreator.

5. Terbiasa Menulis Informasi Dengan Benar

Salah satu alasan memilih jurusan ini akan membuatmu menjadi sosok yang lebih teliti dalam menyampaikan informasi, termasuk menulis. Kamu akan lebih pandai memilah informasi mana yang benar dan pantas untuk dipublikasikan.

Tulisanmu juga menjadi lebih enak dibaca karena banyak mengandung informasi berguna. Ini juga yang menjadi alasan mengapa jurusan ini cocok menjadi seorang jurnalis.

6. Modern dan Tidak Gaptek

Siapa bilang jurusan yang berhubungan dengan teknologi itu harus yang berbau IT? Tidak dong! Dalam ilmu komunikasi kamu juga akan mempelajari berbagai perangkat lunak demi memperlancar proses penyampaian komunikasi yang efektif.

Jadi, ini adalah alasan mengapa kamu harus memilih jurusan komunikasi. Pengetahuan dasar tentang aplikasi editing diperlukan agar memaksimalkan penyampaian pesan.

Jadi, ketika kamu bergabung ke sebuah perusahaan, kamu tidak akan “gagap teknologi”. Menguasai dasar-dasar teknologi modern secara tidak langsung membuatmu berpikir kreatif untuk menciptakan sebuah mahakarya yang akan menguntungkan perusahaan.

Itulah sejumlah alasan memilih jurusan ilmu komunikasi yang wajib kamu ketahui sebelum belajar banyak hal tentang studi ini. Dengan komunikasi, kamu akan lebih bisa memahami tentang dirimu sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Mengenal Universitas Gadjahmada

  Universitas Gadjah Mada (UGM) masih menjadi salah satu kampus terfavorit sampai sekarang. Setiap tahunnya banyak calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri untuk mengenyam studi di UGM. UGM memang jadi kampus yang banyak diminati orang. Popularitas UGM sebagai salah satu kampus impian terbukti dari ranking yang sudah diraih UGM. Contohnya, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) 2022 yang menempatkan UGM pada posisi 254 secara global, dan posisi nomor satu di Indonesia. Fakultas dan jurusan yang ada di UGM Sejak berdiri pada 16 Desember 1949, UGM selalu berkembang. Dari yang hanya memiliki 6 fakultas saja, kini sekarang sudah 20 fakultas. Sebanyak 18 fakultas merupakan program sarjana, sementara dua lainnya merupakan program pascasarjana. Berikut daftar fakultas dan jurusan yang ada di UGM. 1.Fakultas Biologi 2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis 3. Fakultas Farmasi 4. Fakultas Filsafat 6. Fakultas Hukum. 7. Fakultas Ilmu Budaya 8. Fakultas Ilmu Sosia