Fakta Menarik Institut Teknologi Sepuluh November

 

Institut Teknologi Sepuluh November yang sering disingkat dengan ITS terletak di Surabaya. Universitas ini didirikan pada tanggal 10 November 1957, ITS ditunjuk untuk mendidik para pemimpin yang unggul dibidang sains dan teknologi untuk menjadikan Republik Indonesia lebih maju.

Kampus ini memiliki lahan seluas 180 Hektar, dengan luas bangunan seluruhnya mencapai kurang lebih 150.000 m2. Tidak heran banyak orang yang berlomba untuk masuk ke ITS.

Berikut ini beberapa fakta menarik dari kampus ini yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, penasaran kan? Simak selengkapnya!

Salah satu kampus yang menduduki top 5 se-Indonesia

ITS berada satu trip dibawah UI, dan mengungguli  UNDIP, UNAIR, dan UB yang ketiga nya diurutan 6, 7, dan 8. Sungguh sesuatu yang membanggakan bukan?

Biaya kuliah, Makan dan tempat tinggal relatif murah

Untuk uang kuliah sendiri ITS relatif lebih murah dibandingkan dengan kampus kampus lain pada umumnya. Paling rendah mencapai Rp 500.000,00 - hingga maksimal Rp 7.500.000,00.

UKT tersebut berlaku untuk semua jurusan terkecuali double degree. Tidak hanya itu terdapat juga tarif UKT lain yaitu Rp 0 untuk mahasiswa bidikmisi selain itu mahasiswa yang bidikmisi juga akan menerima uang saku sebesar Rp 650.000,00 per bulan dan masih banyak beasiswa lainnya.

Biaya hidup dikota Surabaya juga tidak semahal yang dibayangkan, walaupun kampus ITS terletak lumayan jauh dari pusat kota, perkampungan di sekitar ITS menyediakan aneka pangan murah.

Begitu juga dengan tempat tinggal rata-rata kos di Surabaya bertarif Rp 500.000,00 tergantung tempat dan fasilitasnya. Untuk mahasiswa bidikmisi dapat tinggal di asrama kampus dengan biaya Rp 2.000.000,00 per tahunnya.

Kampus tanpa jam malam

Bagi sebagain besar mahasiswa jam malam merupakan momok tersendiri bagi mmereka khususnya mahasiswa teknik. 

Di ITS sendiri walaupun kampus terlihat sepi pada jam malam, akan tetapi banyak mahasiswa yang nongkrong di sudut laboratorium dan aktivitas mahasiswa masih terlihat. ITS buka 24 jam penuh.

Seleksi masuk yang relatif mudah

Dibandingkan kampus-kampus lainnya yang juga termasuk kampus unggulan, ITS cenderung lebih sedikit pesaing. Kampus ini cenderung lebih mudah dimasuki ketika SNMPTN sedangkan SBMPTN atau Mandiri biasanya akan lebih sulit. 

Selain itu, ITS juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan khususnya BUMN sehingga dapat direkomendasikan melalui jalur mandiri.



Gratis Produk Microsoft dan Apps lain

Penggunaan Teknologi bukan hanya isapan jempol semata di ITS. Resminya seorang mahasiswa baru dikampus ini berarti mendapatkan akses digital yang sangat luas. 

Menggunakan email mahasiswa, nantinya dapat diklaim dilisensi resmi Microsoft dan beberapa aplikasi lainnya seperti Matlab, Autocad, dan banyak lagi. Belum lagi akses menuju banyak website peyedia e-jurnal baik skala kampus maupun jurusan.

Nah teman teman itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang ITS semoga dapat menambah wawasan kamu ya , terimakasih

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama