Langsung ke konten utama

Fakta Menarik Universitas Trisakti

Universitas Trisakti merupakan salah satu bagian kampus legendaris yang terdapat di Indonesia. Kampus ini dikenal sebagai kampusnya Pahlawan Reformasi dalam Lembaga Pendidikan.

Universitas Trisakti didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965 melalui Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 014/tahun 1965 yang ditandatangani oleh Dr. Sjarif Thajeb.

Ada banyak keunikan dan keseruan yang belum kita ketahui ketika menjadi mahasiswa Trisakti. Berikut Fakta menarik mengenai Universitas Trisakti.

Memiliki batas wilayah tongkrongan setiap Jurusan

Keunikan yang pertama menjadi mahasiswa Trisakti itu janganlah kalian sembarangan nongkrong di wilayah kampus, karena dari setiap wilayah ada wilayah tongkrongan sendiri-sendiri berdasarkan tiap jurusan.

Misalnya, kalian sebagai mahasiswa manajemen, jangan sembarangan nongkrong di wilayah tongkrongan mahasiswa akuntansi. Karena, kedua wilayah tersebut memiliki daerah yang berbeda-beda. Sehingga, bisa-bisa kalian bentrok nanti antar kedua jurusan hanya karena masalah tongkrongan.

Kampus 24 Jam

Sebagai salah satu kampus legendaris, Trisakti tentunya selalu memperkuat nilai-nilai seorang mahasiswa pejuang ala pahlawan Indonesia, sehingga kampus selalu open 24 jam jika untuk mahasiswanya.

Semua Mahasiswa Trisakti Selalu Ingat Tentang Sejarah Tragedi Trisakti


Tragedi Trisakti merupakan peristiwa penembakan terhadap mahasiswa saat melakukan aksi demonstrasi menuntut Soeharto turun jabatan sebagai presiden kala itu. Momentum tersebut merupakan salah satu duka mendalam yang diterima oleh civitas akademika dan para mahasiswa Trisakti. Sehingga, pada tanggal tersebut mahasiswa Trisakti selalu memperingati tragedi Trisakti.

Wilayah kampus dekat dengan pusat Perbelanjaan

Ketika Mall-Mall berjejeran dengan kampus. Seperti Central Park, Taman Anggrek, hingga Citra Land. Semuanya menjadi tempat bermain bagi mereka saat sudah jenuh menghadapi banyaknya tugas kampus.

Terkhusus bagi mereka mahasiswa kampus ini, sudah menjadi kebiasaan mereka dalam melepaskan kejenuhan dalam kuliah. Ketika mereka jenuh dalam perkuliahan, Mall adalah tempat mereka melepaskan penat.

Musim hujan berarti Banjir

Siapa sih yang tidak kenal dengan suasana banjir di Ibu Kota Jakarta ketika sudah musim hujan. Setiap tahun atau saat musim hujan, Jakarta selalu menjadi andalan banjir, mulai dari lingkungan pendudukan Jakarta sampai dengan daerah-daerah kampus. Seperti, kampus Trisakti.

Walaupun termasuk kampus elit yang berlokasi di Ibu Kota Jakarta tentunya kampus yang satu ini juga sering kebanjiran. Bahkan, banjir yang terjadi sering banget ketika musim hujan.

Suasana seperti itu terkadang membuat mahasiswa bahagia, karena ketika sudah terjadi banjir tentunya akan berimbas sama kegiatan belajar mengajar mahasiswa. Akhirnya, mata kuliah bisa saja diliburkan.

Mahasiswa dari Golongan Orang Kaya

Fakta bahwa mahasiswa Trisakti adalah golongan orang berduit tentunya sering kita dengar, bahkan kampus yang satu ini juga menjadi salah satu kampus yang cukup mahal untuk setiap semesternya.

Kebanyakan dari mereka memang terlahir dari keluarga berada. Namun pada kebanyakan mahasiswa kampus ini menyadari bahwa kuliah itu tidak untuk menghambur-hamburkan uang yang diberikan orang tua.

Banyak dari mereka yang memilih hidup sederhana dan berbagi ke sesama yang membutuhkan.

Berikut beberapa fakta menarik Universitas Trisakti dan Mahasiswanya, semoga mendapatkan Insight Positif untuk teman-teman semua. Semoga Bermanfaat.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo

Universitas Moestopo (Beragama) Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) atau yang biasa disingkat UPDM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, Universitas ini didirikan oleh Prof.Dr.Moestopo pada 15 Mei 1961. Mengutip data PDDIKTI Kemendikbud, beberapa program studi atau jurusan di Universitas Moestopo mendapatkan akreditasi A seperti Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter Gigi, hingga Manajemen . Universitas ini memiliki 3 kampus, kampus utama UPDM beralamat di Jl. Hang Lekir I No. 8 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Ibu Kota Jakarta. Sedangkan kampus 2 berada di Jl. Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dan Kampus 3 berada di Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami, Pesanggrahan. Visi dan Misi Universitas Mostopo Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi dan misi yang didasari oleh statuta tahun 2014 dalam Bab II Pasal 2 dan 3. Adapun visi uni

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad