Fakta Menarik tentang Universitas Andalas Padang



Universitas Andalas termasuk salah satu perguruan tinggi  yang tetua di Sumatera, kampus ini  sering disebut Unand juga menjadi tempat favorit jutaan calon mahasiswa khususnya didaerah Sumatera. Bahkan kampus ini sudah meraih berbagai pencapaian seperti akreditas A dan sudah menempati urutan 10 besar peringkat kampus.

Disamping itu secara fasilitas kampus di Indonesia,  Unand termasuk yang paling lengkap dan juga memiliki luas mencapai 500 hektare lebih. Dan masih banyak lagi keunggulan kampus ini. Universitas Andalas terletak di Bukit Karamuntiang, Kecamatan Pauh Padang.

Nah disini kita rangkum beberapa fakta unik yang dimiliki kampus Unand

Areal yang luas disertai dengan Pepohonan

Unand dibangun di daerah perbukitan yang tingginya mencapai 200 mdpl, membuat Unand juga cukup asri dengan banyaknya pepohonan di sekitar kampus. Pohon-pohon tersebut sebagian besar tumbuh karena alami. Kampus ini dibangun dengan mengkonverensi Bukit Karamuntiang Limau Manis menjadi kampus

Memiliki banyak masjid

Kampus ini memiliki masjid utama yaitu Nurul Ilmi yang terletak di bagian depan kampus, akan tetapi bila kita lihat lebih kedalam fakultas, hampir semua memiliki masjid. Pada saat ini tercatat ada tiga masjid lainnya yakni di Fakultas MIPA, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Budaya.

Mushalla yang seluruh Dindingnya terbuat dari Batu

Disini ada hal unik karena ada Mushalla yang terdapat di kampus bagia atas semua dinding dan mimbarnya terbuat dari batu dan dapat menampung sekitar 150 orang.

Bila dilihat Mushalla ini mirip dengan masjid di Timur tengah. Selain untuk Ibadah, Mushallla ini juga salah satu tempat destinasi wisata bagi mahasiswa di Universitas Andalas.

Keberadaan kampus meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar

Semenjak pindahnya kampus ini ke Limau Manis Pauh sejak 1991 sampai saat ini, keberadaannya telah banyak membantu perekonomian masyarakat sekitar khususnya di Kapalo Koto dan Limau Manis, masyarakat memanfaatkan hal ini dengan membuka kos-kosan, Rumah makan, dan tidak sedikit juga warga nya juga diterima bekerja di Unand .

Memiliki gedung yang menarik perhatian seperti markas Power Rangers

Jika anda kelahiran tahun 90an pasti masih ingat dengan film seri Amerika yaitu Power Rangers. Gedung di Unand , khusus nya kantor rektoratnya memiliki kemiripan seperti markas Power Rangers, hal itu karena gedung nya terletak diatas bukit menyendiri dan bangunannya sangat eksotis.

Koridor kampus cocok untuk Olahraga

Jika dilihat dari koridor atau lorong-lorong antara satu bangunan dengan banguna lainnya terlihat bertingkat-tingkat, hal ini karena letak kampus yang berada di lereng yang bertingkat. Tidak sedikit warga atau mahasiwa tiap hari minngu datang untuk berolahraga dan berkumpul disana.

Nah itu dia beberapa fakta unik mengenai  kampus Unand, semoga artiket ini dapat menambah wawasan anda, terimakasih.

 

 

 

 

 

 

.

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama