Langsung ke konten utama

Fakta menarik yang Membuat Kamu Tertarik Kuliah di Universitas Trunojoyo

Bagi teman-teman yang duduk di bangku kelas 3 SMA pasti sedang sibuk mencari informasi tentang universitas yang kalian ingin masuki, mulai dari kota, pendaftaran, suasana dan lingkungan kampus, biaya hidup dan sebagainya.

Setiap kampus yang ada di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri, begitu juga dengan Universitas Trunojoyo atau disingkat Unijoyo. Kampus ini bisa menjadi salah satu pilihan kampus yang bisa dipertimbangkan.

Beberapa fakta menarik kampus ini, membuat kalian ingin berkuliah di Universitas Trunojoyo. Bagaimana? Penasarakan kan? Berikut beberapa fakta menarik Universitas Trunojoyo.

Mempelajari Tradisi Madura

Kerapan Sapi adalah salah satu tradisi atau adat pada kebudayaan Madura. Selain mempelajari mata kuliah yang kamu ikuti, kampus ini juga mengajarkan para mahasiswanya tentang kebudayaan Madura. Salah satunya adalah kerapan sapi.

Kerapan Sapi adalah sebutan bagi perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Madura. Sejarah perlombaan ini berasal dari petani yang kesusahan dalam menggarap sawahnya pada saat terjadi kekeringan.

Lambat laun masyarakat Madura akhirnya mengangkat kebudayaan ini dan menjadikannya perlombaan yang disebut karapan sapi. Adapun tujuan dari perlombaan ini adalah dapat menghasilkan sapi-sapi kuat untuk membajak sawah.

Mahasiswa Trunojoyo akan cukup beruntung jika dapat melihat langsung kegiatan ini, karena bisa digunakan untuk melepaskan penat akibat sibuknya perkuliahan. Karapan sapi diadakan setiap tahun, biasanya dilaksanakan di bulan Agustus atau Desember.

Wisata Madura

Salah satu keuntungan jika memutuskan kuliah di kampus ini adalah lokasi kampus yang sangat dekat dengan pantai. Hal ini bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk melepas penat sekaligus refreshing dikala sibuk dengan urusan kuliah.

Berbeda dari kebiasaan pada umumnya, bila ke pantai hendak melihat laut, di Bangkalan Madura, justru yang laris manis disinggahi adalah mercusuar pantainya. Mercusuar Sembilangan dibangun sejak zaman Belanda dan telah berusia puluhan tahun.

Biaya Hidup yang Murah

Untuk teman-teman yang ingin kuliah di tempat ini, jangan khawatir dengan biaya hidup. Hal tersebut berdasarkan perhitungan biaya makanan di sekitar kampus dengan kisaran harga 5000-8000 sekali makan. Selanjutnya, biaya kost mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu/kamar.


Harga tersebut masih bisa kalian siasati lebih murah lagi dengan patungan bersama teman-teman kuliah. Harga kost ini sangat murah dibanding dengan kost di sekitar universitas daerah lain. Biaya kost di sekitar universitas di pulau Jawa saja rata-rata mencapai Rp 300.000 hingga Rp 650.000/bulan.

Universitas Negeri dengan Fakultas Islam

Dari seluruh universitas negeri di Indonesia selain yang berada di bawah naungan Kemenag, baru Unijoyo yang memiliki fakultas keislaman. Hal ini terbilang wajar mengingat unsur agama Islam di Madura yang terbilang masih tinggi.

Unijoyo menjadi universitas pertama yang diizinkan DIKTI membangun Fakultas Keislaman. Terdapat beberapa jurusan yang dinaungi di Fakultas Keislaman universitas Trunojoyo, yakni jurusan hukum dan bisnis syariah juga ekonomi syariah.

Satu-satunya Universitas Negeri di Madura

Dari 36 universitas yang tercatat yang ada di Madura, hanya Unijoyo yang berstatus negeri. Salah satu keuntungan kamu kuliah di universitas negeri adalah biaya semester yang relatif murah.

Hal tersebut dikarenakan universitas negeri mendapat subsidi dari Pemerintah. Pada akhirnya, teman-teman akan dikenakan biaya kuliah sesuai kemampuan finansial orang tua kalian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo

Universitas Moestopo (Beragama) Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) atau yang biasa disingkat UPDM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, Universitas ini didirikan oleh Prof.Dr.Moestopo pada 15 Mei 1961. Mengutip data PDDIKTI Kemendikbud, beberapa program studi atau jurusan di Universitas Moestopo mendapatkan akreditasi A seperti Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter Gigi, hingga Manajemen . Universitas ini memiliki 3 kampus, kampus utama UPDM beralamat di Jl. Hang Lekir I No. 8 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Ibu Kota Jakarta. Sedangkan kampus 2 berada di Jl. Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dan Kampus 3 berada di Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami, Pesanggrahan. Visi dan Misi Universitas Mostopo Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi dan misi yang didasari oleh statuta tahun 2014 dalam Bab II Pasal 2 dan 3. Adapun visi uni

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad