Kampus Merdeka untuk Mahasiswa Indonesia menjadi SDM Kreatif dan Adaptif

 


Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai dengan bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia pekerjaan sebagai persiapan karir masa depan.

Buat teman-teman yang masih belum tau apa itu kampus merdeka atau masih sebagai mahasiswa baru dan belum tahu kampus merdeka ada di kampus kalian masing-masing, berikut beberapa alasan mengapa kalian harus mengikuti program kampus merdeka ini.

1. Kemampuan praktik di lapangan akan di konversi menjadi SKS

2. Eksplorasi Pengetahuan dan kemampuan di lapangan selama lebih dari satu semester

3. Belajar dan memperluas jaringan di luar program studi atau kampus asal

4. Menimba ilmu secara langsung dari mitra berkualitas dan terkemuka

Kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka sesuai Peraturan Mendikbud No. 3 Tahun 2020, memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya. Melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya. Kita meyakini, pembelajaran dapat terjadi di manapun, semesta belajar tak berbatas, tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium, tetapi juga bisa di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat.

Berikut beberapa program Kampus Merdeka, teman-teman bisa memilih berbagai pilihan dari Kampus Merdeka yang tersedia apabila kalian mengikuti program ini.

Bangkit by Google, Goto, Travloka

Program ini adalah program kesiapan karier yang didesain oleh Google untuk memberikan mahasiswa Indonesia paparan langsung dengan praktisi Industri, serta mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan untuk karir sukses di perusahaan teknologi terkemuka.

Indonesia International Student Mobility Awards

Program ini untuk memobilitas mahasiswa satu semester di perguruan tinggi terbaik di dunia

Kampus mengajar

Program ini untuk membantu meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan dasar.

Kementerian ESDM-Gerilya

Studi independen GERILYA ( Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya) memanggil 50 mahasiswa eksakta dari perguruan tinggi di Indonesia untuk turut bergabung mengasah skill dan mengembangkan kompetensi secara praktis di bidang energi bersih khususnya Solar Photovoltaic (PV)

Pejuang Muda Kampus Merdeka

Pejuang muda adalah laboratorium sosial bagi para mahasiswa mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya untuk memberi dampak sosial secara konkret. Melalui program ini, mahasiswa ditantang untuk belajar dari warga sekaligus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dan tokoh daerah setempat.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program ini bertujuan untuk mahasiswa mampu belajar antar lintas kampus dan lintas budaya

Proyek Kemanusiaan

Menyumbang gagasan solusi untuk isu-isu sosial

Riset atau Penelitian

Proyek penelitian di Laboratorium pusat riset

Wirausaha Merdeka

Program ini merupakan program yang diinisiasikan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bagi mahasiswa yang memiliki ketertarikan pada wirausaha. Memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk mengikuti program kewirausahaan unggulan dari perguruan tinggi lainnya.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama