Langsung ke konten utama

Keunikan Universitas Padjajaran yang buat Kamu geleng Kepala

Siapa yang tidak kenal dengan Perguruan Tinggi  ini? Universitas Padjajaran merupakan salah satu Perguruan Tinggi  Negeri yang ada di Indonesia. Kampus ini sering disingkat dan disebut dengan UNPAD.

Kampus ini berdiri pada 11 September 1957 dan memiliki beberapa titik lokasi yang tersebar di Provinsi Jawa Barat dengan kampus pusat berada di Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Universitas Padjajaran terkenal dengan prestasi-prestasi akademik dan non akademiknya, hal ini membuat kampus ini manjadi salah satu Perguruan Tinggi  Negeri terbaik di Indonesia dan menjadi kampus terfavorit selama beberapa tahun berturut-turut.

Universitas ini memiliki keunikan-keunikan yang bisa membuat teman-teman geleng kepala. Berikut fakta menarik dan keunikan yang dimiliki Universitas Negeri Padjajaran.

Odong-odong UNPAD

Odong-odong biasanya kita temukan di daerah wisata, pasar malam, atau di tempat yang ramai. Namun kali ini berbeda, karena kamu dapat menemukannya di kampus ini. Bukan seperti odong-odong biasa yang dinaiki oleh anak-anak, malainkan sebuah mobil besar seperti bus yang sisi kiri dan kanannya terbuka. Fungsi dari odong-odong ini adalah untuk merasakan sensasi rekreasi dengan menikmati pemandangan angis sejuk Jatinagor.

Gedung Rektorat UNPAD

Gedung ini terletak di kampus Jatinagor dan memiliki keunikan mengenai bentuk bangunannya. Jika dilihat dari atas, maka gedungnya akan tampak seperti stadion sepak bola yang berbentuk lingkaran dan berukuran cukup besar.

Kedokteran UNPAD

Rektor UNPAD membuat sebuah keputusan dan kebijakan baru yaitu untuk membebaskan uang kuliah bagi mahasiswa fakultas kedokteran UNPAD. Selain itu mahasiswa tingkat satu akan diberikan fasilitas tempat tinggal berupa asrama yang berada di dalam kawasan kampus.

Jembatan Cincin

Berkuliah di kampus ini, teman-teman akan disuguhkan dengan tempat-tempat wisata. Salah satunya adalah jembatan cincin yang terletak di depan fakultas ilmu budaya. Jembatan ini masih aktif digunakan oleh mahasiswa sebagai jalan pintas menuju kampus dari kost-an. Keunikan dan keindahan jembatan ini menjadi salah satu objek wisata bagi mahasiswa UNPAD yang sering dijadikan lokasi mengambil foto.

Logo UNPAD

Sekilas logo UNPAD terlihat seperti logo-logo yang biasanya. Warna kuning yang mendominasi menjadi ciri khas UNPAD serta warna-warna lain dan bentuk yang memiliki makna tersendiri. Namun jika dilihat lebih teliti lagi, logo UNPAD berbentuk wajah seekor harimau lengkap dengan mata, hidung, kumis dan mulutnya.


Bentuk logo UNPAD ini menjadi keunikan tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya. Bukan hanya sakadar logo, namun ada makna dan seni di dalamnya.

Peringkat 10 terbaik di Indonesia

Berdasarkan ranking universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti tahun 2019, Universitas Padjajaran menempaati peringkat ke-10. Selain itu, kampus ini juga berada di peringkat ke-236 di Asia dan posisi antara 751-800 Universitas terbaik di dunia.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo

Universitas Moestopo (Beragama) Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) atau yang biasa disingkat UPDM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, Universitas ini didirikan oleh Prof.Dr.Moestopo pada 15 Mei 1961. Mengutip data PDDIKTI Kemendikbud, beberapa program studi atau jurusan di Universitas Moestopo mendapatkan akreditasi A seperti Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter Gigi, hingga Manajemen . Universitas ini memiliki 3 kampus, kampus utama UPDM beralamat di Jl. Hang Lekir I No. 8 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Ibu Kota Jakarta. Sedangkan kampus 2 berada di Jl. Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dan Kampus 3 berada di Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami, Pesanggrahan. Visi dan Misi Universitas Mostopo Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi dan misi yang didasari oleh statuta tahun 2014 dalam Bab II Pasal 2 dan 3. Adapun visi uni

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad