5 Alasan memilih Jurusan Teknik industri

Memilih jurusan dalam menentukan perjalanan studi menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena akan turut mempengaruhi perjalanan karier juga. Beberapa artis seperti Ricky Cuaca dan Cinta Laura juga demikian, yang merancang pendidikan nya sedemikian rupa.

Salah satu yang yang menjadi pertimbangan penting bagi calon mahasiswa ialah memilih jurusan kuliah. Ada banyak jurusan kuliah yang ramai peminatnya dan memiliki prospek kerja yang jelas, salah satunya ialah jurusan teknik industri.

Bisa dibilang, kuliah di jurusan ini tak akan membuat mu bosan. Sebab, jurusan ini tidak melulu belajar tentang ilmu teknik, tapi juga semua ilmu yang ada dalam proses industri.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus memilih jurusan teknik industri. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Tak Melulu Tentang Teknik

Lulusan teknik industri pada dasarnya dilatih untuk bisa menggunakan faktor dasar dalam proses industri, yakni manusia, material, mesin, informasi, dan energi dengan cara paling efektif untuk bisa menciptakan sebuah produk atau jasa.

Dusaba kamu juga kaan belajar tentang mesin dan informatika, karena memang wajib menguasai semua ilmu yang dibutuhkan dalam sebuah proses industri secara menyeluruh. Kamu akan mempelajari tentang cara merancang ide untuk menciptakan sebuah produk atau jasa, menyiapkan desain dan fasilitas produksinya, rekayasa kualitas, hingga tahapan produk diluncurkan dan dipasarkan.

2. Prospek Kerja Luas

Banyaknya ilmu yang dipelajari selama berkuliah membuka peluang prospek kerja yang sangat luas. Beberapa pekerjaan yang umumnya ditekuni lulusan teknik industri adalah seperti Desain dan Pengembangan Produk Industri, Konservasi energi di Lingkungan Pabrik, Ekonomi dan manajemen Industri, Sistem Industri Teknik, Manajemen Sistem Industri, dan lainnya.

Setidaknya, ada lima bidang perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik industri, diantaranya perusahaan di bidang pertambangan dan penggalian, informasi dan komunikasi, industri pengolahan, jasa keuangan dan asuransi, dan masih banyak lagi.

3. Mendapat Banyak Kompetensi dan Skill

Lulusan teknik industri tentunya akan menjadi orang yang memiliki banyak kompetensi dan skill, khususnya kompetensi yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem industru yang berkaitan dengan manufaktur produk, manajemen teknik industri, jasa proses bisnis, teknologi informatika, akuntansi, hingga faktor sumber daya manusia.

4. Ada 3 Bidang Keahlian yang Bisa Diesuaikan dengan Passion-mu

Walaupun harus menguasai semua bidang ilmu dan pengetahuan terkait proses industri, namun pada dasarnya teknik industri dibagi ke dalam tiga bidang keahlian, yakni sistem industri, sistem manufaktur, serta ekonomi dan manajemen industri.

Dengan demikian, kamu dapat lebih menekuni bidang yang lebih sesuai dengan bakat atau passion-mu. Pada sistem manufaktur, kamu akan lebih difokuskan tentang bagaimana membuat sistem produksi menjadi lebih optimal dan efektif agar produktivitasnya terus meningkat.

5. Peluang Menjadi Seorang Entrepreneur Terbuka Lebar

Selain bekerja di perusahaan, lulusan teknik industri juga akan punya bekal untuk menjadi seorang entrepreneur. Hal ini dikarenakan kamu telah menimba ilmu yang lengkap tentang sisi teknik sekaligus manajemen produksi dalam sebuah industri.

Itulah tadi penjelasan tentang jurusan teknik industri yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu tertarik mengambil jurusan yang satu ini?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama