Jurusan Teknik Industri: Info Kuliah dan Prospek Kerjanya


Memilih Universitas dalam menentukan perjalanan studi menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena akan turut mempengaruhi perjalanan karier juga. Beberapa artis seperti Ricky Cuaca dan Cinta Laura juga demikian, yang merancang pendidikan nya sedemikian rupa.

Salah satu yang yang menjadi pertimbangan penting bagi calon mahasiswa ialah memilih jurusan kuliah. Ada banyak jurusan kuliah yang ramai peminatnya dan memiliki prospek kerja yang jelas, salah satunya ialah jurusan teknik industri.

Jurusan teknik industri merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengoptimasi kegiatan manusia seperti pengelolaan, produksi, dan ekonomi. Lulusan jurusan ini nantinya akan bertanggungjawab atas optimasi praktis sistem produksi pabrik, proposal strategi, hingga desain optimal manajemen perusahaan.

Bidang pekerjaan dari jurusan teknik industri ialah sistem integral yang terbentuk dari manusia, material, informasi, peralatan, dan energi. Adapun dasar-dasar keilmuannya bersifat multidisiplin atau lintas bidang. Sebab, teknik industri tak melulu berkaitan dengan ilmu matematika dan fisika semata, tapi juga ilmu sosial dan manajemen.

Pengertian Teknik Industri

Teknik industri merupakan bagian dari ilmu teknik yang mempelajari bidang desain, perbaikan, dan penggunaan dari sistem integral yang terdiri dari unsur-unsur manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan serta energi.

Jurusan kuliah yang satu ini menuntut keterampilan dalam menggunakan ilmu matematika, fisika, serta ilmu-ilmu sosial ditambah dengan prinsip & metode dari analisis keteknikan & desain untuk mengkhususkan, memprediksi, dan mengevaluasi hasil yang akan didapatkan dari suatu sistem.

Pengetahuan dan Keahlian

Dengan berkuliah di Jurusan teknik industri, kamu akan memiliki pengetahuan dan keahlian di bawah ini :

• Kemampuan melakukan analisis

• Kemampuan berpikir sistematis

• Kemampuan manajerial

• Kemampuan problem solving

• Kemampuan membuat keputusan

• Kemampuan bekerja dalam tim

• Pemahaman matematika

• Pemahaman dasar teknologi

Prospek Kerja jurusan Teknik Industri

Banyak sekali bidang yang dimasuki lulusan teknik industri ini. Peluang karier yang menanti lulusan Teknik Industri sangat banyak. Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Kamu bisa bekerja di perusahaan ataupun institusi lain dengan gaji yang kompetitif.

Nah, dari banyaknya pilihan ini nanti kamu bisa mencari mana pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Penasaran? Simak daftar prospek kerja teknik industri yang bisa kamu pilih di bawah ini.

1. Sales Engineer

Di pekerjaan ini, kamu harus mengerti dan memahami product knowledge agar bisa menjelaskan kualitas dan kegunaan produk dari perusahaan dengan baik. Selain itu, kamu harus memiliki pengetahuan bisnis jika ingin jadi sales engineer.

Perpaduan kedua pengetahuan bisnis dan teknik industri, akan membuatmu menjadikan seorang sales engineer yang sukses. Meski profesinya masih jarang ditemui, rata-rata kisaran gaji sales engineer di Indonesia bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

2. Industrial Engineer

Pada praktiknya, tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan ini adalah untuk membuat rancangan proses produksi dan memastikan bahwa produk yang digunakan sudah memenuhi standar kualitas dari perusahaan. Selain itu, kamu juga ditugaskan untuk memperkirakan biaya produksi hingga mengelola dan menyiapkan laporan produksi.

Rata-rata gaji industrial engineer untuk level fresh graduate adalah mulai dari UMR hingga belasan juta rupiah, tergantung sebesar apa skala perusahaan tempatmu bekerja.

3. Quality Controller

Tugas utamanya adalah untuk menguji kelayakan sebuah produk sebelum dipasarkan ke pasaran. Selain itu, kamu juga harus membuat laporan secara rinci yang akan disampaikan kepada manajer produksi. Jika kamu tertarik, prospek kerja teknik industri yang satu ini dibutuhkan di berbagai sektor perusahaan.

Di level fresh graduate, rata-rata gaji quality controller adalah UMR atau 1,5 kali lipat dari itu. Jika hasil pekerjaanmu baik, kamu bisa mengharapkan jenjang karir dan kenaikan gaji.

4. Project Manager

Tugas utama dari pekerjaan ini adalah untuk mengarahkan unit usaha di perusahaan agar bisa berjalan sesuai dengan rencana dan bisa menghasilkan keuntungan. Seorang project manager harus bisa memastikan bahwa proyek yang digarapnya sesuai dengan rencana, mulai dari rencana budget sampai dengan hasilnya.

gaji untuk project manager setara supervisor atau manajer, yaitu mulai dari Rp7 juta hingga Rp15 juta rupiah.

5. Product Analyst

Tugas utama dari pekerjaan ini adalah untuk mengembangkan strategi marketing untuk suatu produk dan melakukan perbandingan dengan tren industri terkini. Kamu juga akan melakukan analisis produksi, mengendalikan kualitas produksi, mengoptimalkan dan juga memelihara alat-alat produksi, mengendalikan produksi, serta menilai keseluruhan proses produksi.

Profesi product analyst disetarakan minimal dengan level supervisor atau high skilled professional. Oleh karena itu, kisaran gaji product analyst juga lumayan, yaitu mulai dari Rp7 juta hingga belasan juta.

Itulah tadi penjelasan tentang jurusan teknik industri, mulai dari info kuliah hingga prospek kerjanya. Bagaimana, apakah kamu tertarik berkuliah dijurusan yang satu ini?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama