Jurusan Manajemen: Info Kuliah dan Prospek Kerjanya


Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan dengan bidang keilmuan yang mempelajari tentang kegiatan perusahaan atau korporasi. Meskipun sama-sama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, namun jurusan manajemen ternyata memiliki sejumlah perbedaan dengan jurusan akutansi ataupun ekonomi.

Bisa dikatakan jurusan yang satu ini memiliki cakupan yang luas dan dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan, termasuk dalam hal manajemen kehidupan seperti yang dilakukan Elina Joerg, Naomi Zaskia, dan Cinta Laura. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa jurusan ini banyak diminati, karena prospek kerjanya yang terbuka lebar.

Artikel ini akan membahas tentang jurusan manajemen secara lengkap. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Apa Itu Ilmu Manajemen?

Ilmu manajemen merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara merencanakan, mengatur, serta mengelola sebuah perusahaan atau organisasi untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Selama berkuliah di jurusan ini, mahasiswa akan dituntut untuk memahami cara penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai target sasaran.

Ilmu manajeman mencakup semua aspek mulai dari manajemen sumber daya manusia, manajemen industri, manajemen bisnis, manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen perbankan, hingga manajemen pemasaran. Selain itu, mahasiswa jurusan manajemen juga dihadapkan dengan kegiatan praktik langsung untuk menerapkan apa yang telah dipahami selama belajar di bawah bimbingan dosen. 

Adapun mata kuliah yang akan dijumpai di jurusan manajemen adalah ekonomi manajerial, manajemen strategi, komunikasi bisnis, manajemen risiko, kepemimpinan, rencana bisnis, hingga perilaku konsumen.

Peminatan Jurusan Manajemen

Secara umum, terdapat beberapa peminatan jurusan manajemen, diantaranya :

• Manajemen pemasaran

Disini, kamu akan mempelajari tentang teknik pemasaran suatu produk dan analisis strategi dalam suatu bisnis. Peminatan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang pintar kreatif dan selalu memiliki inovasi. Karena pada dasarnya, peminatan ini cenderung mengimplementasikan ide-ide yang kamu miliki agar untuk menarik konsumen.

• Manajemen sumber daya manusia

Konsentrasi di jurusan ini fokus untuk memahami perencanaan dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam menjalankan suatu perusahaan maupun organisasi. Ilmu manajemen ini diperkuat dengan teknik analisis dan psikologis agar SDM lebih produktif.

• Manajemen keuangan

Peminatan ini lebih cenderung membahas tentang pengelolaan keuangan suatu instansi. Manajemen keuangan akan membawamu untuk menganalisis strategi serta operasi dalam mengoptimalkan keuangan di suatu instansi. Dengan demikian, konsentrasi ini akan menuntutmu dengan hitung-hitungan.

• Manajemen operasi

Berbeda dengan peminatan lainnya, manajemen operasi akan mempelajari tentang pemehaman atau cara pandang manajemen dari suatu proses melalui tools. Dengan kata lain, manajemen operasi ini lebih menganalisa tentang cara peningkatan efektifitas dan efisiensi suatu sistem produksi.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa saja sih prospek kerja untuk jurusan manajemen ini? Nah, simak penjelasan berikut ini untuk menemukan jawabannya.

• Ahli perbankan

Lulusan manajemen juga sangat dibutuhkan di dunia perbankan. Tak dapat dipungkiri, bekerja sebagai pegawai ahli di dunia perbankan akan menghasilkan gaji mulai belasan hingga puluhan juta.

• Dosen

Untuk dapat menjadi seorang dosen manajemen, tentunya menuntutmu menjadi seorang pendidik yang memiliki kemampuan yang tinggi. Kamu harus kompeten dan dituntut dapat menyempaikan ilmu untuk para mahasiswa.

• Ahli SDM

Lulusan manajemen banyak dicari menjadi tenaga ahli HRD di perusahaan. Gaji yang ditawarkan juga sangat menjanjikan, mulai standard UMR hingga puluhan juta rupiah.

• Konsultan finansial

Di era yang serba sulit, pekerjaan yang satu ini banyak dicari oleh banyak perusahaan. Tak hanya dibutuhkan oleh lembaga pemerintahan saja, pekerjaan yang satu ini juga banyak dibutuhkan di seluruh perusahaan dan masyarakat luas.

• Konsultan bisnis

Lulusan manajemen telah banyak mencetak para konsultan bisnis, konsultan bisnis ini tentunya banyak dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Sehingga bisa dipastikan, bahwa peluang menjadi konsultan bisnis pasti sangat banyak dicari.

Itulah tadi penjelasan tentang jurusan manajemen dan prospek kerjanya yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk bergabung?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama