Langsung ke konten utama

Jurusan Kebidanan: Info Perkuliahan dan Prospek Kerjanya


Profesi bidan sangatlah penting mengingat keselamatan ibu an bayi ada ditangan mereka. Jurusan kebidanan merupakan sebuah program studi yang mempelajari tentang keilmuan dan seni dalam hal persalinan.

Artikel kali ini akan membahas secara lengkap mengenai jurusan kebidanan. Simak penjelasannya di abwah ini.

Pengertian Jurusan Kebidanan

Jurusan kebidanan adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang cara membantu proses persalinan, melakukan pemeriksaan kehamilan, serta membantu memantau perkembangan janin di setiap fase. Tak hanya itu, seorang bidan juga berperan penting dalam merawat dan memberikan asuhan kepada pasien.

Khususnya bagi para ibu yang baru pertama kali melahirkan, tentunya membutuhkan banyak bimbingan. Seorang bidan juga akan mengajarkan tentang bagaimana cara menjaga kesehatan sistem reproduksi. Kuliah di jurusan ini cukup seru dan menyenangkan, sebab tidak hanya belajar sebatas teori namun juga praktek langsung di lapangan.

Mata Kuliah Jurusan Kebidanan

Selama perkuliahan di jurusan kebidanan, kamu akan dihadapkan dengan beberapa mata kuliah berikut ini :

• Asuhan kebidanan

Mata kuliah asuhan kebidanan akan mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan masa kehamilan, tumbuh kembang bayi, masa perdalinan, serta manajemen kebidanan.

• Fisiologi

Seorang bidan memerlukan ilmu pengetahun tentang fungsi sel dan jaringan dalam tubuh manusia. Mata kuliah fisiologi akan menjawab kebutuhan tersebut.

• Anatomi

belajar di prodi kebidanan akan membutuhkan ilmu mengenai bagian tubuh manusia serta fungsinya. Maka mendapatkan mata kuliah anatomi untuk mempelajari bagian-bagian tubuh tersebut.

• Biokimia

Dalam perkuliahan di jurusan kebidanan juga akan dihadapkan dengan mata kuliah biokimia. Mata kuliah ini mempelajari tentang aspek kimia dalam tubuh manusia, seperti fungsi enzim, protein, dan lainnya.

• Etika umum

Setelah lulus dan melayani sebagai seorang bidan, maka akan berinteraksi langsung dan intens dengan masyarakat. Sehingga selama perkuliahan mendapatkan mata kuliah etika umum, agar bisa memberikan pelayanan kesehatan yang profesional.

Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Jurusan kebidanan akan mempersiapkan lulusannya untuk memberi prospek kerja yang luas, diantaranya sebagai berikut :

• Membuka praktek sendiri

Lulusan kebidanan juga memiliki kesempatan untuk membuka praktek sendiri baik di rumah ataupun di klinik sendiri, seperti klinik kesehatan maupun klinik yang memberi pelayanan kesehatan secara spesifik. Misalnya klinik persalinan, klinik penyakit jantung, dan sebagainya.

Akan tetapi, sebelum membuka klinik sendiri, kamu perlu mengurus sertifikasi dan surat-surat terkait perizinan usaha. Setelah semua surat lengkap maka kamu dapat membuka praktek sendiri. Hindari praktek secara ilegal, karena tanpa adanya surat-surat dan sertifikasi, kamu tidak bisa membuka praktek.

• Menjalani profesi bidan

Indonesia membutuhkan banyak sekali lulusan kebidanan untuk membantu persalinan di banyak wilayah dan daerah. Sehingga setelah lulus bahkan jauh sebelum lulus, kamu sudah memiliki tempat kerja yang jelas. Terdapat banyak instansi kesehatan yang dapat dituju, mulai dari rumah sakit umum (pemerintah), rumah sakit swasta, klinik kesehatan milik pribadi, klinik persalinan, sampai puskesmas.

• Instansi BPJS

Seorang lulusan kebidanan juga bisa berkarir di Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Meskipun BPJS tidak membutuhkan bidan secara langsung, namun ilmu selama kuliah dibutuhkan di instansi ini, sehingga kamu bisa mencoba berkarir di BPJS.

• Dosen kebidanan

Kuliah di jurusan kebidanan juga membuka pelung untuk kamu menjadi seorang dosen. Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang dosen, maka kamu wajib menempuh pendidikan di jenjang S2, sehingga bisa menekuni profesi sebagai dosen.

Itulah tadi informasi tentang info kuliah di jurusan kebidanan lengkap dengan prospek kerjanya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat. Sambil membaca, kamu juga bisa ditemani dengan alunan lagu Semata KarenamuBertahan Terluka, dan Rindu Rumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo

Universitas Moestopo (Beragama) Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) atau yang biasa disingkat UPDM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, Universitas ini didirikan oleh Prof.Dr.Moestopo pada 15 Mei 1961. Mengutip data PDDIKTI Kemendikbud, beberapa program studi atau jurusan di Universitas Moestopo mendapatkan akreditasi A seperti Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter Gigi, hingga Manajemen . Universitas ini memiliki 3 kampus, kampus utama UPDM beralamat di Jl. Hang Lekir I No. 8 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Ibu Kota Jakarta. Sedangkan kampus 2 berada di Jl. Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dan Kampus 3 berada di Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami, Pesanggrahan. Visi dan Misi Universitas Mostopo Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi dan misi yang didasari oleh statuta tahun 2014 dalam Bab II Pasal 2 dan 3. Adapun visi uni

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad