Langsung ke konten utama

Mengenal Jurusan Kehutanan dan Prospek Kerjanya


Kehutanan merupakan ilmu yang secara komprehensif mempelajari seputar fungsi dan penggunaan ekosistem hutan seperti, keanekaragaman hayati, konservasi ingkungan, hukum penebangan hutan, teknologi kehuatanan, dan masih banyak lagi.

Karena melihat begitu pentingnya fungsi hutan, dibutuhkan orang-orang yang berkompeten dibidangnya. Ditambah lagi, eksploitasi hutan oleh oknum tidak bertanggungjawab semakin marak. Hal itulah yang mendasari hadirnya Jurusan Kehutanan.

Lantas, sebenarnya jurusan Kehutanan ini mempelajari tentang apa? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Mengenal Jurusan Kehutanan

Jurusan Kehutanan adalah program studi yang melatih mahasiswanya dalam merawat, mengatur dan melindungi ekosistem hutan. Proses belajar mengajar dalam jurusan ini memadukan teori lama dengan teknologi. Mahasiswa jurusan Kehutanan banyak menghabiskan waktunya untuk praktikum daripada di belajar teori di kelas.

Jurusan satu ini juga akan membahas tentang cara pelestarian hutan melalui metode rehabilitasi dan perlindungan hutan. Kamu akan belajar bagaimana cara memanfaatkan hasil hutan tanpa perlu merusak ekosistem di dalamnya. Apalagi jika kamu memiliki hobi untuk berpetualang, maka jurusan ini sangat cocok untuk kamu pelajari.

Kegiatan Perkuliahan dan Mata Kuliah Jurusan Kehutanan

Selama berkuliah di jurusan Kehutanan, kamu akan mendapatkan pemahaman mengenai pengelolaan ekosistem hutan. Di sisi lain, kamu juga akan mempelajari mengenai upaya untuk melakukan penyelamatan, pengelolaan, perlindungan, dan pemanfaatan dengan lebih efisien.

Cakupan jurusanKehutanan cukup luas, mulai dari ilmu tanah, ekologi hutan, konservasi lingkungan, memanfaatkan dan mengolah hasil hutan,fisiologi tumbuhan, keanekaragaman hayati, meningkatkan produktivitas hutan, pengolahan hasil hutan, hukum penebangan hutan, hingga teknologi kehutanan.

Kuliah di jurusan Kehutanan akan membuatmu belajar bagaimana memanfaatkan hasil hutan dengan baik tanpa mengakibatkan kerusakan pada ekosistem hutan. Setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar sebagai Sarjana Kehutanan dengan bidang yang kamu pilih untuk didalami.

Prospek Kerja Lususan Jurusan Kehutanan

Berikut dijelaskan beberapa peluang kerja lulusan Kehutanan, antara lain :

• Lembaga Penelitian

Kamu bisa berkarir sebagai seorang peneliti sekaligus memberikan ilmu pengetahuan di dunia Kehutanan. Bisa juga bekerja di LIPI, BPPT, dan lainnya, maupun internasional seperti ICRAF, AGFOR, CIFOR, PROFAUNA, dan sebagainya.

• Aparatur Sipil Negara

Ada beberapa institusi pemerintahan yang menampung para lulusan Jurusan Kehutanan, antara lain Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BPN, Kementerian Keuangan, Bappenas, Konsultan, dan berbagai dinas-dinas di pemerintahan daerah (Dishut, BAPPEDA, BLHD, dan sebagainya).

• Pegawai BUMN dan Swasta

Terdapat beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memerlukan tenaga kerja dari Jurusan Kehutanan, antara lain Perhutani (Perusahaan Umum Kehutanan Negara), Inhutani, dan Perkebunan Nusantara. Kamu juga bisa berkarir di berbagai perusahaan swasta, kamu bisa bekerja di sektor industri sebagai konsultan Kehutanan, konsultan lingkungan, manajemen hutan, manajemen satwa liar, pemetaan hutan, ahli konservasi hutan dan sebagainya.

• Lembaga Swadaya Masyarakat

Saat ini, kondisi hutan di Indonesia bisa terbilang kritis. Lahan semakin sempit karena ulah oknum tidak bertanggung jawab yang merusak hutan. Nah, kalau kamu memiliki jiwa peduli lingkungan yang tinggi, kamu bisa menjadi relawan di berbagai LSM, baik sebagai pendamping atau fasilitator masyarakat lokal.

Itulah tadi penjelasan tentang Jurusan Kehutanan, mulai dari info perkuliahan hingga prospek kerjanya. Bagaimana, apakah kamu tertarik memilih jurusan yang satu ini?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo

Universitas Moestopo (Beragama) Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) atau yang biasa disingkat UPDM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, Universitas ini didirikan oleh Prof.Dr.Moestopo pada 15 Mei 1961. Mengutip data PDDIKTI Kemendikbud, beberapa program studi atau jurusan di Universitas Moestopo mendapatkan akreditasi A seperti Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter Gigi, hingga Manajemen . Universitas ini memiliki 3 kampus, kampus utama UPDM beralamat di Jl. Hang Lekir I No. 8 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Ibu Kota Jakarta. Sedangkan kampus 2 berada di Jl. Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dan Kampus 3 berada di Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami, Pesanggrahan. Visi dan Misi Universitas Mostopo Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi dan misi yang didasari oleh statuta tahun 2014 dalam Bab II Pasal 2 dan 3. Adapun visi uni

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad