Jurusan Teknik Informatika: Info Lengkap dan Prospek Kerjanya


Teknik informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menggunakan teknologi computer secara optimal untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan prinsip serta proses logika.

Dalam proses perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai prinsip tentang ilmu komputer mulai dari proses perancangan, pengujian, pengembangan, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak.

Jika kamu memutuskan untuk memilih jurusan ini, maka kamu akan familiar dengan pemrograman atau programming), teknologi jaringan komputer, serta pengembangan perangkat lunak  (software). Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya agar kamu mengetahui seluk beluk program studi Teknik Informatika.

Untuk mengetahui lebih lengkap terkait jurusan Teknik Informatika, simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk! 

Pengertian Jurusan Teknik Informatika

Secara sederhana, program studi Teknik Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana penggunaan teknologi komputer secara optimal dengan tujuan menangani masalah transformasi ataupun pengolahan data dengan menggunakan teknik logika.

Lewat program studi ini, kamu akan mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan komputer, khususnya bagian software agar dapat mempergunakan teknologi komputer secara maksimal.

Selama masa perkuliahan, mahasiswa akan mengkaji mengenai pemrograman dan komputasi. Dengan demikian, mahasiswa jurusan Teknik Informatika akan sangat akrab dengan coding atau kode khusus dari Bahasa pemrograman untuk mendesain siatu sistem dan perangkat lunak.

Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika akan mempelajari fungsi-fungsi serta struktur instruksi dalam Bahasa pemrograman untuk bisa diaplikasikan pada komputer. Bahasa pemrograman menggunakan algoritma dan koding sehingga memerlukan ilmu dasar logika dan matematika yang kuat.

Selain itu, mahasiswa di jurusan ini juga dituntut untuk berfikir pintar kreatif guna menciptakan ide baru pada sistem operasi komputer. Mata kuliah yang terdapat di jurusan ini antara lain, logika informatika, rekayasa perangkat lunak, strategi algoritma, Artificial Intelligence (AI), dan pemrograman Internet.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Lulusan Teknik Informatika punya kesempatan besar untuk bisa bekerja di startup, perusahaan swasta, BUMN, atau instansi pemerintah. Berikut beberapa prospek kerja untuk jurusan ini, antara lain :

• Software Developer

Software developer berperan dalam menjalankan rancangan yang dibuat oleh software engineer. Berbeda dengan seorang software engineer yang mengerjakan sistem secara menyeluruh, seorang software developer fokus pada pengembangan satu bagian dari sistem komputer.

• Software Enginer

Sebagai seorang software enginer, kamu akan bekerja untuk merancang, mengelola, menguji, serta mengevaluasi software ataupun sistem komputer secara menyeluruh.

• Data Scientist

Prospek kerja selanjutnya yaitu sebagai data scientist, yaitu yang bertugas untuk menganalisa data dengan menggunakan statistika dan algoritma. Data kemudian diolah dengan menggunakan teknik pemrograman untuk “menerjemahkan” bentuk data yang rumit menjadi Bahasa yang mudah untuk dipahami.

• Konsultan IT

Lulusan Teknik Informatika juga bisa menjadi seorang Konsultan IT, yakni yang berperan sebagai perantara antara pelaku usaha dan teknisi teknologi. Seorang konsultan IT bertugas untuk memberi saran, membuat perencanaan serta memasang sistem IT untuk klien.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah sudah terbayang bagaimana kuliah di Jurusan Teknik Informatika?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama