Jurusan Ilmu Hukum: Info Lengkap dan Prospek Kerjanya


Jurusan Ilmu Hukum merupakan studi yang mempelajari tentang berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan soshum yang banyak peminatnya.

Jika kamu sedang bingung dalam menentukan jurusan kuliah, mungkin jurusan ilmu hukum bisa menjadi jawabannya. Artikel ini akan mengupas tuntas ilmu yang akan kamu dapat ketika belajar di fakultas hukum serta prospek karir kedepannya.

Apa Itu Jurusan Hukum?

Ilmu Hukum merupakan studi yang mempelajari tentang berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Saat berkuliah di jurusan ilmu hukum, mahasiswa juga belajar mengenai perundang-undangan yang mencakup hukum dasar (konstitusi, hukum, perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) hingga hukum internasional dengan cakupan yang cukup luas.

Lulusan ilmu hukum diharapkan dapat menguasai dengan baik hukum dan sistem hukum di Indonesia, mempunyai keterampilan dan pengetahuan ilmiah untuk mengembangkan hukum, peka terhadap permasalahan keadilan dan masyarakat, mampu mengenali dan menganalisis permasalahan hukum.

Kuliah Hukum Belajar Apa Saja?

Kamu yang kuliah di jurusan hukum akan dihadapkan dengan sejumlah mata kuliah, diantaranya:

• Pengantar ilmu Hukum

Mata kuliah ini akan kamu dapatkan saat memasuki semester awal perkuliahan. Mata kuliah dasar ini akan menjadi pondasi pengetahuan terkait hukum, sehingga menjadi materi penting sebelum berlanjut ke materi berikutnya.

• Hukum Perdata

Mata kuliah selanjutnya adalah hukum perdata, mata kuliah ini mempelajari tentang hukum atau peraturan yang mengatur hak dan kepentingan individu dalam masyarakat.

• Hukum Pidana

Mata kuliah ini mempelajari mengenai hukum atau atau aturan untuk pelanggaran dalam bentuk perbuatan yang tidak pantas dan dilarang. Sehingga kamu akan mengenal kasus pelanggaran hukum apa saja yang masuk kategori pidana dan bagaimana proses penyelesaiannya di meja hijau.

• Hukum Lingkungan

Mata kuliah selanjutnya yang akan kamu temukan adalah hukum lingkungan. Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini berisi hukum dan aturan yang berhubungan dengan lingkungan sekitar. Perbuatan tertentu yang akan disebut melanggar hukum lingkungan, misalnya merusak pohon dan sebagainya.

• Hukum Adat

Mahasiswa jurusan ilmu hukum perlu mengetahui apa itu hukum adat, penerapan, dan lain sebagainya. Perlu diketahui, hukum di Indonesia dan Negara di dunia tidak hanya hukum negara, namun juga hukum adat. Kamu bisa memainkan chord tak ingin usai

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Hukum

Umumnya lulusan hukum akan sangat cocok untuk menjadi seorang pengacara, hakim, dan juga jaksa. Hakim memiliki tanggung jawab yang besar, karena bertugas menentukan keadilan bagi terdakwa di pengadilan.

Sedangkan jaksa biasanya bertugas menyampaikan dakwaan juga tuntutan dalam penadilan. Selain Hakim dan Jaksa, kamu juga bisa jadi konsultan. Sama seperti pekerjaan konsultan lainnya, konsultan hukum juga diperlukan untuk mengurus keperluan hukum dari perusahaan maupun perorangan.

Selain itu, kamu juga bisa jadi Legal Officer, yaitu bertugas untuk mengurus dokumen yang berkaitan dengan hukum, mulai dari surat aset, surat perjanjian kerja, kontrak kerja, dan lain sebagainya. Prospek kerja selanjutnya yaitu menjadi seorang notaris.

Profesi ini juga jadi salah satu yang cukup populer, lho. Notaris umumnya memiliki tugas untuk membuat akta autentik dan juga menjadi saksi penandatanganan pada dokumen.

Gimana? Setelah mengetahui seluk beluk jurusan ilmu hukum, apakah kamu tertarik untuk menjadi bagian di dalamnya?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama