Langsung ke konten utama

Jurusan Ilmu Hukum: Info Lengkap dan Prospek Kerjanya


Jurusan Ilmu Hukum merupakan studi yang mempelajari tentang berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan soshum yang banyak peminatnya.

Jika kamu sedang bingung dalam menentukan jurusan kuliah, mungkin jurusan ilmu hukum bisa menjadi jawabannya. Artikel ini akan mengupas tuntas ilmu yang akan kamu dapat ketika belajar di fakultas hukum serta prospek karir kedepannya.

Apa Itu Jurusan Hukum?

Ilmu Hukum merupakan studi yang mempelajari tentang berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Saat berkuliah di jurusan ilmu hukum, mahasiswa juga belajar mengenai perundang-undangan yang mencakup hukum dasar (konstitusi, hukum, perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) hingga hukum internasional dengan cakupan yang cukup luas.

Lulusan ilmu hukum diharapkan dapat menguasai dengan baik hukum dan sistem hukum di Indonesia, mempunyai keterampilan dan pengetahuan ilmiah untuk mengembangkan hukum, peka terhadap permasalahan keadilan dan masyarakat, mampu mengenali dan menganalisis permasalahan hukum.

Kuliah Hukum Belajar Apa Saja?

Kamu yang kuliah di jurusan hukum akan dihadapkan dengan sejumlah mata kuliah, diantaranya:

• Pengantar ilmu Hukum

Mata kuliah ini akan kamu dapatkan saat memasuki semester awal perkuliahan. Mata kuliah dasar ini akan menjadi pondasi pengetahuan terkait hukum, sehingga menjadi materi penting sebelum berlanjut ke materi berikutnya.

• Hukum Perdata

Mata kuliah selanjutnya adalah hukum perdata, mata kuliah ini mempelajari tentang hukum atau peraturan yang mengatur hak dan kepentingan individu dalam masyarakat.

• Hukum Pidana

Mata kuliah ini mempelajari mengenai hukum atau atau aturan untuk pelanggaran dalam bentuk perbuatan yang tidak pantas dan dilarang. Sehingga kamu akan mengenal kasus pelanggaran hukum apa saja yang masuk kategori pidana dan bagaimana proses penyelesaiannya di meja hijau.

• Hukum Lingkungan

Mata kuliah selanjutnya yang akan kamu temukan adalah hukum lingkungan. Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini berisi hukum dan aturan yang berhubungan dengan lingkungan sekitar. Perbuatan tertentu yang akan disebut melanggar hukum lingkungan, misalnya merusak pohon dan sebagainya.

• Hukum Adat

Mahasiswa jurusan ilmu hukum perlu mengetahui apa itu hukum adat, penerapan, dan lain sebagainya. Perlu diketahui, hukum di Indonesia dan Negara di dunia tidak hanya hukum negara, namun juga hukum adat. Kamu bisa memainkan chord tak ingin usai

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Hukum

Umumnya lulusan hukum akan sangat cocok untuk menjadi seorang pengacara, hakim, dan juga jaksa. Hakim memiliki tanggung jawab yang besar, karena bertugas menentukan keadilan bagi terdakwa di pengadilan.

Sedangkan jaksa biasanya bertugas menyampaikan dakwaan juga tuntutan dalam penadilan. Selain Hakim dan Jaksa, kamu juga bisa jadi konsultan. Sama seperti pekerjaan konsultan lainnya, konsultan hukum juga diperlukan untuk mengurus keperluan hukum dari perusahaan maupun perorangan.

Selain itu, kamu juga bisa jadi Legal Officer, yaitu bertugas untuk mengurus dokumen yang berkaitan dengan hukum, mulai dari surat aset, surat perjanjian kerja, kontrak kerja, dan lain sebagainya. Prospek kerja selanjutnya yaitu menjadi seorang notaris.

Profesi ini juga jadi salah satu yang cukup populer, lho. Notaris umumnya memiliki tugas untuk membuat akta autentik dan juga menjadi saksi penandatanganan pada dokumen.

Gimana? Setelah mengetahui seluk beluk jurusan ilmu hukum, apakah kamu tertarik untuk menjadi bagian di dalamnya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo

Universitas Moestopo (Beragama) Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) atau yang biasa disingkat UPDM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, Universitas ini didirikan oleh Prof.Dr.Moestopo pada 15 Mei 1961. Mengutip data PDDIKTI Kemendikbud, beberapa program studi atau jurusan di Universitas Moestopo mendapatkan akreditasi A seperti Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter Gigi, hingga Manajemen . Universitas ini memiliki 3 kampus, kampus utama UPDM beralamat di Jl. Hang Lekir I No. 8 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Ibu Kota Jakarta. Sedangkan kampus 2 berada di Jl. Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dan Kampus 3 berada di Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami, Pesanggrahan. Visi dan Misi Universitas Mostopo Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi dan misi yang didasari oleh statuta tahun 2014 dalam Bab II Pasal 2 dan 3. Adapun visi uni

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad