Langsung ke konten utama

Mengenal Jurusan Akutansi: Info Lengkap dan Prospek Kerjanya


Akutansi merupakan bidang yang bakal terus berkembang seiring dengan perkembangan dunia bisnis di dunia. Mungkin kamu membayangkan jurusan ini tak terlepas dari angka dan hitung-hitungan dan berkaitan dengan keuangan.

Namun tak hanya sebatas itu, jurusan Akutansi bidang studi yang mempelajari tentang metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Lulusan Akutansi berperan penting dalam proses pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan.

Selain belajar tentang cara menghitung uang, jurusan Akutansi juga mempelajari tentang manajemen, sistem informasi, perpajakan, hingga pengauditan. Lulusan Akutansi dibutuhkan oleh banyak sektor industri, dunia perbankan, hingga pemerintahan.

Lalu, bagaimana sebenarnya seluk beluk jurusan Akutansi dan bagaimana prospek kerjanya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Akutansi?

Jurusan Akutansi merupakan salah satu jurusan diperkuliahan yang mempelajari tentang cara memelihara keuangan. Jurusan ini cocok bagi kalian yang senang bekerja di kantor dengan minat yang tinggi terhadap keteraturan.

Ilmu yang dipelajari saat kuliah sangat penting untuk proses pengambilan keputusan di sebuah instansi maupun perusahaan. Lulusan Akutansi akan ditempah untuk menjadi seorang akuntan dengan kemampuan dan pemahaman tentang prinsip-prinsip akutansi seperti pelaporan, penganggaran dan peraturan pajak, serta audit.

Secara sederhananya, akutansi merupakan sarana yang digunakan oleh perusahaan ataupun organisasi untuk menyampaikan informasi keuangannya.

Prospek Kerja Lulusan Akutansi

Lulusan akutansi biasanya akan menjadi seorang akuntan. Berikut dijelaskan beberapa prospek kerja yang menanti lulusan akutansi, yakni:

1. Ahli keuangan pemerintahan

Profesi ini bisa dibilang sangat menjanjikan karena membuka peluang memperoleh pendapatan yang lebih tinggi. Contoh instansi pemerintah yang banyak membutuhkan seseorang berlatar belakang Akuntansi adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Akuntan publik

Seorang akuntan publik bertugas untuk menyiapkan dan menganalisa laporan serta dokumen keuangan. Selain itu, kamu juga diharuskan mampu memahami regulasi perpajakan dengan baik dan mengikuti perkembangan terbaru dari regulasi tersebut.

Di Indonesia sendiri, profesi ini juga kerap disebut CPA (Certified Public Accountant) atau auditor independen. Untuk menjadi menjadi seorang akuntan publik, maka harus memenuhi beberapa kualifikasi seperti lulus sarjana ekonomi jurusan akuntansi, lulus pendidikan profesi, lulus ujian sertifikasi profesi akuntan publik, dan menyandang gelar akuntan publik.

3. Konsultan pajak

Prospek kerja lulusan akutansi berikutnya adalah berkarier sebagai konsultan pajak. Profesi ini bertugas memberikan konsultasi perpajakan bagi mereka yang wajib pajak, mulai dari perusahaan maupun perorangan.

Tak hanya itu, seorang konsultan pajak juga bisa memberikan jasa pengurusan hak dan kewajiban pajak, termasuk dalam penyelesaian sengketa pajak.

4. Auditor internal

Semua perusahaan tentunya membutuhkan peranan internal auditor yang bertugas untuk memastikan hasil laporan keuangan perusahaan. Selain itu, seorang internal auditor harus memastikan seluruh manajemen sudah melakukan tugasnya secara efisien tanpa adanya penyimpangan.

Jika dilihat dari tugas dan peranannya, sudah bisa disimpulkan bahwa profesi ini merupakan salah satu peluang besar bagi lulusan Akutansi. Secara keseluruhan, tugas auditor internal adalah untuk memastikan kegiatan bisnis telah berjalan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

5. Perencana keuangan

Lulusan Akutansi juga berpeluang menjadi seorang perencana keuangan. Seorang perencana keuangan bertugas untuk menyusun rancangan keuangan dan memberi saran seputar pengelolaan keuangan.

Seorang perencana keuangan umumnya tidak mendapat penghasilan bulanan. Penghasilan yang didapatkan tergantung dari jasa konsultasi yang diberikan.

Bagaimana, setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu masih ragu untuk terjun ke jurusan Akutansi?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo

Universitas Moestopo (Beragama) Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) atau yang biasa disingkat UPDM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, Universitas ini didirikan oleh Prof.Dr.Moestopo pada 15 Mei 1961. Mengutip data PDDIKTI Kemendikbud, beberapa program studi atau jurusan di Universitas Moestopo mendapatkan akreditasi A seperti Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter Gigi, hingga Manajemen . Universitas ini memiliki 3 kampus, kampus utama UPDM beralamat di Jl. Hang Lekir I No. 8 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Ibu Kota Jakarta. Sedangkan kampus 2 berada di Jl. Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dan Kampus 3 berada di Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami, Pesanggrahan. Visi dan Misi Universitas Mostopo Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi dan misi yang didasari oleh statuta tahun 2014 dalam Bab II Pasal 2 dan 3. Adapun visi uni

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad