Langsung ke konten utama

5 Alasan Memilih Jurusan Kehutanan


Alasan memilih jurusan kehutanan umumnya dilandaskan atas rasa peduli terhadap lingkungan. Sebagian orang memiliki kecintaan pada alam, karena sadar akan pentingnya kekayaan alam tersebut untuk dijaga dan dilestarikan.

Banyak juga yang memiliki hobi menjelajahi hutan seperti Randy Martin, Sonia Alyssa, dan Randy Pangalila. Mahasiswa yang belajar di prodi kehutanan akan mendapatkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan hutan, mulai dari cara mengelolanya, memanfaatkan sumber daya hutan, hingga menjaga dan melestarikan kawasan hijau tersebut.

Berikut ini adalah beberapa alasan kamu memilih jurusan kehutanan saat melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Hutan adalah Paru-Paru Dunia

Alasan pertama Anda memilih jurusan yang satu ini adalah karena hutan memiliki peranan penting dalam kehidupan. Menjaga segala hal yang berkaitan dengan kawasan hutan merupakan salah satu bentuk rasa kemanusiaan.

Sebab, oksigen adalaah kebutuhan paling utama bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Itulah sebabnya hutaan disebut sebagai paru-paru bumi, karena kemampuannya dalam menyediakan oksigen.

2. Turut Melestarikan Lingkungan

Memasuki jurusan kehutanan secara tak langsung akan menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, dengan segla ilmu pengetahuan yang diperoleh selama menempuh pendidikan di jurusan ini, tak menutup kemungkinan untuk kamu turut menjaga dan melastarikan lingkungan khususnya mengenai hutan.

3. Perkembangan Ilmu yang Sangat Pesat

Jika Anda berfikir bahwa bidang keilmuan ini biasa-biasa saja, maka hal tersebut sangat keliru. Disiplin ilmu dalam jurusan ini terus mengalami pertumbuhan seiring dengan berkembangnya zaman. Pasalnya, ada banyak sektor yang menggantungkan teknologinya untuk menjaga pepohonan di hutan.

4. Hutan Merupakan Aset Negara

Seperti yang diketahui, terdapat banyak kekayaan alam di dalam hutan, bahkan diklaim sebagai salah satu sumber devisa negara. Karenanya, pendapatan banyak negara juga tergantung pada hutan diluar dari sektor industri minyak dan gas. Oleh sebab itu, maka tak heran jika hutan menjadi sebuah aset penting yang harus dijaga.

5. Prospek Kerja Yang Menjanjikan

Berbicara mengenai prospek kerja setelah menyelesaikan pendidikan, Anda tak perlu mengkhawatirkannya. Sebab, ada banyak peluang yang bisa didapatkan. Mulai dari bekerja di Kementerian Kehutanan, pegawai negeri sipil, instansi pemerintah, hingga wirausahawan. Jadi prospek kerja dibidang ini cukup terbuka lebar serta sangat menjamin.

Itulah tadi penjelasan tentang beberapa alasan kamu memilih jurusan kehutanan. Melihat keseruan berkuliahnya serta prospek kerjanya yang menjanjikan, apakah kamu masih ragu untuk bergabung?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo

Universitas Moestopo (Beragama) Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) atau yang biasa disingkat UPDM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, Universitas ini didirikan oleh Prof.Dr.Moestopo pada 15 Mei 1961. Mengutip data PDDIKTI Kemendikbud, beberapa program studi atau jurusan di Universitas Moestopo mendapatkan akreditasi A seperti Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter Gigi, hingga Manajemen . Universitas ini memiliki 3 kampus, kampus utama UPDM beralamat di Jl. Hang Lekir I No. 8 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Ibu Kota Jakarta. Sedangkan kampus 2 berada di Jl. Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dan Kampus 3 berada di Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami, Pesanggrahan. Visi dan Misi Universitas Mostopo Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi dan misi yang didasari oleh statuta tahun 2014 dalam Bab II Pasal 2 dan 3. Adapun visi uni

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad