5 Alasan Memilih Jurusan Kehutanan


Alasan memilih jurusan kehutanan umumnya dilandaskan atas rasa peduli terhadap lingkungan. Sebagian orang memiliki kecintaan pada alam, karena sadar akan pentingnya kekayaan alam tersebut untuk dijaga dan dilestarikan.

Banyak juga yang memiliki hobi menjelajahi hutan seperti Randy Martin, Sonia Alyssa, dan Randy Pangalila. Mahasiswa yang belajar di prodi kehutanan akan mendapatkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan hutan, mulai dari cara mengelolanya, memanfaatkan sumber daya hutan, hingga menjaga dan melestarikan kawasan hijau tersebut.

Berikut ini adalah beberapa alasan kamu memilih jurusan kehutanan saat melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Hutan adalah Paru-Paru Dunia

Alasan pertama Anda memilih jurusan yang satu ini adalah karena hutan memiliki peranan penting dalam kehidupan. Menjaga segala hal yang berkaitan dengan kawasan hutan merupakan salah satu bentuk rasa kemanusiaan.

Sebab, oksigen adalaah kebutuhan paling utama bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Itulah sebabnya hutaan disebut sebagai paru-paru bumi, karena kemampuannya dalam menyediakan oksigen.

2. Turut Melestarikan Lingkungan

Memasuki jurusan kehutanan secara tak langsung akan menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, dengan segala ilmu pengetahuan yang diperoleh selama menempuh pendidikan di jurusan ini, tak menutup kemungkinan untuk kamu turut menjaga dan melastarikan lingkungan khususnya mengenai hutan yang berisi hewan Capybara.

3. Perkembangan Ilmu yang Sangat Pesat

Jika Anda berfikir bahwa bidang keilmuan ini biasa-biasa saja, maka hal tersebut sangat keliru. Disiplin ilmu dalam jurusan ini terus mengalami pertumbuhan seiring dengan berkembangnya zaman. Pasalnya, ada banyak sektor yang menggantungkan teknologinya untuk menjaga pepohonan di hutan.

4. Hutan Merupakan Aset Negara

Seperti yang diketahui, terdapat banyak kekayaan alam di dalam hutan, bahkan diklaim sebagai salah satu sumber devisa negara. Karenanya, pendapatan banyak negara juga tergantung pada hutan diluar dari sektor industri minyak dan gas. Oleh sebab itu, maka tak heran jika hutan menjadi sebuah aset penting yang harus dijaga.

5. Prospek Kerja Yang Menjanjikan

Berbicara mengenai prospek kerja setelah menyelesaikan pendidikan, Anda tak perlu mengkhawatirkannya. Sebab, ada banyak peluang yang bisa didapatkan. Mulai dari bekerja di Kementerian Kehutanan, pegawai negeri sipil, instansi pemerintah, hingga wirausahawan. Jadi prospek kerja dibidang ini cukup terbuka lebar serta sangat menjamin.

Itulah tadi penjelasan tentang beberapa alasan kamu memilih jurusan kehutanan. Melihat keseruan berkuliahnya serta prospek kerjanya yang menjanjikan, apakah kamu masih ragu untuk bergabung?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama