Langsung ke konten utama

5 Tips Ampuh Masuk PTN Setelah Gap Year


Tentunya kamu sudah tak asing dengan istilah gap year bukan? Atau kamu adalah seseorang yang memilih gap year? Jika iya, sebaiknya jangan pernah merasa minder atau kurang motivasi belajar karena hal tersebut.

Gap year merupakan kondisi dimana seseorang memutuskan untuk menunda kuliah di tahun pertama usai menyelesaikan pendidikan di sekolah. Tentunya ada banyak alasan mengapa seseorang memilih gap year, bisa jadi karena belum beruntung untuk bisa lolos dari berbagai tes masuk PTN, ingin kerja dulu, atau belum menemukan jurusan kuliah yang cocok.

Akan tetapi, gap year di Indonesia masih kerap dipandang sebelah mata. Padahal sebenarnya, ada banyak hal positif yang bisa dilakukan Naufal Samudra dan Randy Pangalila selama gap year, lho.

Dilansir dari laman Ruangguru, berikut ini dijelaskan beberapa tips memanfaatkan masa gap year agar bisa lolos masuk PTN di tahun ajaran selanjutnya.

1. Mengatur Target

Setelah menumbuhkan motivasi belajar, langkah berikutnya adalah dengan mengatur target. Beberapa diantaranya adalah target belajar, target nilai yang ingin dicapai, serta target jurusan yang akan dituju.

Target itulah yang nantinya akan membantu alur belajar menjadi lebih lancar dan terarah. Disamping itu, tentunya perlu didukung dengan informasi tentang peluang masuk ke jurusan di Perguruan Tinggu yang diincar.

2. Tingkatkan Motivasi Belajar

Orang yang kurang beruntung dalam tes masuk PTN, kemungkinan memiliki motivasi belajar yang menurun. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menumbuhkan motivasi belajar selama gap year.

Motivasi belajar sebenarnya bisa didapat dari mana saja. Misalnya dengan melihat keberhasilan teman-teman seperjuangan yang sudah lebih dulu berhasil masuk ke dunia perkuliahan dan bangga dengan almamaternya.

3. Temukan Support System

Kamu sebaiknya mencari lingkungan yang sangat mendukung dan memotivasi untuk belajar. Selain itu, kamu juga harus memiliki buddy system, yakni teman yang mendukung proses belajar. Kedua hal tersebut merupakan hal yang wajib di temukan selama masa gap year.

4. Belajar

Langkah ini merupakan hal terpenting yang harus dilakukan selama masa gap year. Kamu bisa membuktikan bisa bangkit dari kegagalan sebelumnya dengan belajar sungguh-sungguh. Atur  program belajar sebaik mungkin agar materi yang dipelajari lebih terarah dan sisitematis. Kamu juga bisa mengikuti les khusus atau private untuk mempersiapkan diri di SBMPTN. 

5. Persiapan yang Matang

Untuk kamu yang memilih gap year harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk bisa mengikuti SBMPTN. Persiapan yang bisa dilakukan antara lain dengan mengetahui kapan jadwal SBMPTN, bagaimana persiapan teknis ikut SBMPTN, seberapa besar kuota yang dibutuhkan, dan masih banyak lagi.

Itulah tadi lima tips masuk PTN impian yang bisa kamu lakukan usai masa gap year. Disamping itu, jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta restu dari orang tua ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo

Universitas Moestopo (Beragama) Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) atau yang biasa disingkat UPDM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, Universitas ini didirikan oleh Prof.Dr.Moestopo pada 15 Mei 1961. Mengutip data PDDIKTI Kemendikbud, beberapa program studi atau jurusan di Universitas Moestopo mendapatkan akreditasi A seperti Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter Gigi, hingga Manajemen . Universitas ini memiliki 3 kampus, kampus utama UPDM beralamat di Jl. Hang Lekir I No. 8 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Ibu Kota Jakarta. Sedangkan kampus 2 berada di Jl. Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dan Kampus 3 berada di Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami, Pesanggrahan. Visi dan Misi Universitas Mostopo Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi dan misi yang didasari oleh statuta tahun 2014 dalam Bab II Pasal 2 dan 3. Adapun visi uni

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad