Alasan Memilih Jurusan Hukum bagi Calon Mahasiswa


Memilih jurusan perkuliahan mungkin menjadi sesuatu yang cukup membingungkan bagi sebagian orang. Hal itu juga dialami oleh beberapa artis tanah air seperti Elina Joerg dan Cinta Laura, yang tentunya tak ingin salah menentukan jurusan yang akan diambil.

Jika dilihat, begitu banyak jurusan perkuliahan yang bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa, salah satunya jurusan hukum.

Jurusan hukum merupakan salah satu bidang ilmu yang membuat kamu berkesempatan berkarier di bidang law and justice, seperti menjadi advokat, hakim, jaksa, atau konsultan hukum lainnya.

Sebelum memutuskan untuk memilih suatu program studi (prodi), tentunya kamu wajib mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan dari prodi tersebut.

Jurusan hukum adalah salah satu jurusan yang cukup banyak diminati. Bidang ilmu yang satu ini merupakan dasar dalam mempelajari berbagai system hukum yang berkaitan dengan kehidupan manusia dalam ruang lingkup masyarakat sosial dan juga bisnis.

Saat kamu memilih mengambil jurusan hukum, maka kamu akan belajar banyak mengenai perundang-undangan, seperti hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum tata negara, hukum dagang, hukum pidana, dan hukum tata pidana) hingga mempelajari hukum internasional dengan cakupan antar negara.

Alasan Memilih Jurusan Hukum

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu memilih jurusan kehutanan saat melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, diantaranya:

1. Membentuk Karakter Pemberani

Memilih jurusan hukum akan membantumu membentuk karakter pemberani. Kamu akan terlatih untuk bisa menyelesaikan masalah dan beberapa kasus. Pembentukan karakter ini nantinya akan membuatmu mnejadi terbiasa hingga lulus nantinya.

Keberanian dalam diri kamu akan terus terbentuk dengan baik hingga memasuki dunia kerja. Pengalaman yang didapatkan saat berkuliah akan sangat berpengaruh untuk memudahkan menyelesaikan masalah dengan baik hingga benar-benar tuntas.

2. Memiliki Jiwa Kritis

Menjadi mahasiswa hukum bisa membantumu membangun kepribadian dan jiwa yang kritis. Kamu juga akan lebih mudah menganalisis suatu masalah dengan baik. Selain itu, mahasiswa hukum menjadi lebih peka, lugas, dan komunikatif.

Pengembangan pribadi yang kritis dibangun dengan cara melatih para lulusannya untuk menganalisis solusi dari masalah. Menyelesaikan masalah dari sudut pandang anak hukum, tak hanya dari satu sudut pandang saja, namun dari segala aspek.

3. Memiliki Banyak Pengalaman dan Pengetahuan

Memilih jurusan hukum merupakan salah satu sacra untuk menambah pengalaman serta pengetahuan di luar jam kuliah. Sebab pada dasarnya, menjadi ahli hukum bukan hanya belajar tentang hukum saja, tapi juga aspek lain yang berkaitan dengan hukum itu sendiri.

Beberapa kegiatan yang dilakukan di luar jam perkulaihan dan di luar gedung kelas bisa membantumu mendapatkan banyak teman baru sehingga bisa dengan mudah mendapatkan koneksi dari teman-teman baru kamu nantinya.

4. Peluang Kerja Terbuka Luas

Lulusan hukum akan memiliki lebih banyak peluang kerja setelah lulus kuliah, diantaranya menjadi dosen, konsultan, pengacara, notaris, diplomat, bekerja di beberapa perusahaan dan lainnya.

Indonesia yang dikenal sebagai negara hukum ini akan memudahkan para lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Sehingga para lulusan hukum akan memperoleh peluang kerja cukup besar.

5. Banyak Skill yang Didapatkan

Lulusan hukum juga dapat mengembangkan skill berkomunikasi. Selain itu, kamu kaan dibentuk menjadi mahasiswa yang mandiri, disiplin, dan pekerja keras. Dengan mengembangkan skill komunikasi, kamu mamou memberikan pendapat dan saran di depan umum tanpa malu dan kaku.

Itulah tadi beberapa alasan mengapa kamu memilih jurusan hukum. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama