Jurusan Teknik Pertambangan: Info Perkuliahan dan Prospek Kerjanya


Banyak diantara kamu mungkin sedang bingung memilih jurusan saat ingin melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan. Hal itu umum dialami oleh banyak orang, termasuk Erika Carlina, Elina Joerg, dan Randy Pangalila.

Salah satu yang menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan bagi banyak orang ialah prospek kerjanya. Bisa bekerja di sektor yang potensial dan menawarkan gaji yang tinggi tentu menjadi impian semua orang.

Salah satu jurusan yang bisa mnjadi pertimbangan bagi kamu ialah teknik pertambangan. Sehingga setelah lulus dari perguruan tinggi teman-teman sudah tau ingin bekerja di perusahaan pertambangan dengan posisi kerja dan tanggung jawab yang teman- teman sudah pahami selama kuliah.

Teknik pertambangan merupakan ilmu yang mempelajari tentang proses penggalian dan pengolahan mineral berharga seperti batubara dari alam dengan penerapan teknologi.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia menyimpan segudang kekayaan mineral, seperti emas, minyak bumi, dan batubara. Hal itulah yang membuat banyak orang bemrinat untuk mengambil jurusan teknik dan berkarier di sektor pertambangan.

Mata Kuliah di Jurusan Teknik Pertambangan

Berkuliah di jurusan teknik pertambangan, kamu akan mempelajari tentang prosesnya dari hulu sampai ke hilir, mulai dari eksplorasi, pemrosesan, penggalian, hingga penjualan. Berikut ini adalah beberapa mata kuliah di jurusan teknik pertambangan, di antaranya:

Mekanika tanah

Mekanika teknik

Gambar teknik

Hukum pertambangan dan Ketenagakerjaan

Evaluasi proyek tambang

Geoteknik tambang

Sistem penyaluran tambang

Pengolahan bahan galian

Hidrogeologi

Amdal pertambangan

Kesehatan dan keselamatan kerja

Teknik peledakan

Teknik eksplorasi

Ganesa bahan galian

Pemetaan geologi

Kebijakan mineral

Metalurgi umum

Mekanika batuan

Geomorfologi

Manajemen Pertambangan

Komputasi tambang

Fisika teknik

Ekonomi mineral

Teknik reservoir

Teknik Gas Bumi

Matematika Teknik

Kristalografi dan mineralogi

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pertambangan

Banyak orang belum mengetahui prospek kerja yang bisa diambil ketika lulus dari jurusan teknik pertambangan nantinya. Lantas, sebenarnya apa saja pekerjaan yag bisa ditekuni para lulusannya? Apakah harus selalu berhubungan dengan menggali lubang dan mencari batu bara atau mineral lainnya?

Daripada penasaran, berikut ini adalah beberapa bidang pekerjaan yang bisa ditempuh para lulusan teknik pertambangan, di antaranya:

  • Ahli hidrologi
  • Pegawai Negeri Sipil dan BUMN bidang Pertambangan
  • Teknisi Laboratorium Non Medis
  • Ahli Pengeboran Minyak dan Gas Bumi
  • Dosen Teknik Pertambangan
  • Ahli Teknik Energi
  • PNS dan BUMN Bidang Minyak
  • Perusahaan Pertambangan swasta
  • Perusahaan bidang minyak dan gas
  • Peneliti geothermal di lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Itulah tadi penjelasan tentang jurusan teknik pertambangan, mulai dari info perkuliahannya dan prospek kerjanya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama