Alasan Memilih Jurusan Kebidanan


Dalam menentukan perjalanan studi, sebaiknya kamu harus memilih universitas yang tepat karena akan turut mempengaruhi perjalanan karier juga. Beberapa artis seperti Sonia Alyssa dan Cinta Laura juga demikian, yang merancang pendidikan nya sedemikian rupa.

Berbicara tentang jurusan kuliah, ada banyak jurusan yang menjadi favorit para calon mahasiswa, salah satunya adalah jurusan Kebidanan.

Jurusan D3 Kebidanan adalah pilihan program studi (prodi) yang banyak diminati para calon mahasiswa baru. Selain membuka peluang kerja yang cemerlang, profesi bidan juga banyak memberikan wawasan dan pengalaman baru.

Bagi kamu yang sebentar lagi lulus dari sekolah SMA/SMK, barikut ini beberapa alasan memilih jurusan Kebidanan yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Memiliki Peluang Berkarier Sebagai Tenaga Pendidik

Tak melulu menjadi seorang bidan yang membuka praktik sendiri, kamu juga dapay menjadi seorang tenaga pengajar alias dosen loh! Namun, kamu tentunya juga harus memenuhi persyaratan yakni memiliki pendidikan minimal D4 Kebidanan atau S1 Kebidanan.

Menempuh pendidikan hingga ke jenjang S2 Kebidanan juga tentu bisa membuatmu memiliki banyak pengalaman dan ilmu baru.

2. Prospek Kerja Cerah

Lulusan Kebidanan banyak diminati kaum Hawa lkarena menyediakan prospek kerja yang cerah. Pasalnya, kebutuhan tenaga medis di Indonesia masih terbuka lebar khususnya bagi kamu ynag memiliki misi sosial nan mulia, tenaga medis sangat dibutuhkan di banyak daerah terpencil, terluar, dan pedalaman.

3. Menjadi Seorang PNS

Jurusan ini juga sangat cocok bagi kamu yang bercita-cita menjadi seorang PNS. Jika kamu mengambil kuliah D3 Kebidanan, prospek karier kamu hanya akan berada pada golongan II hingga IIIc, sedangkan D4 berpeluang langsung ke golongan IIIa sampai dengan Ivc. Gaji yang diberikan pada setiap golongan juga jelas bervariasi loh!

4. Membuka Praktik Sendiri

Tak harus bekerja di klinik atau rumah sakit baik negeri ataupun swasta, lulusan kebidanan juga bisa memiliki kesempatan membuka praktik sendiri. Tentu kamu harus memneuhi sejumlah persyaratan wajib dan menjalani setiap prosedur yang dibutuhkan.

5. Membuka Bisnis Kesehatan

Berkuliah di jurusan kebidanan membuat kamu memiliki segudang ilmu dan wawasan seputar kesehatan. Siapa tahu kamu akan memiliki usaha di bidang kesehatan selain profesi utama sebagai seorang bidan.

6. Memiliki Komunikasi dan Jaringan Luas

Tak menutup kemungkinan jika karier kamu akan lebih sukses ketika menyandang profesi bidan. Kamu dapat berinteraksi dengan banyak pasien yang akan memberikan banyak pengetahuan dan informasi yang berguna.

7. Mendapat Banyak Pengalaman

Menjadi seorang bidan juga akan membuat kamu memiliki banyak pengalaman baru, seperti menolong orang yang sedang sakit, membantu persalinan, dan masih banyak lagi pengalaman berharga lainnya.

8. Pekerjaan yang Mulia

Profesi bidan merupakan tugas mulia karena keberadaannya yang sangat membantu orang lain dan mengharuskannya memahami setiap karakter orang. Sebab, setiap pasien yang akan dihadapai tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda.

Itulah tadi beberapa alasan kamu memilih jurusan Kebidanan. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk bergabung?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama