Langsung ke konten utama

Universitas Brawijaya (UB)

 


Universitas Brawijaya (UB) adalah perguruan tinggi di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan no.1 tanggal 5 Januari 1963.

Universitas Brawijaya mendapatkan status sebagai perguruan tertinggi negeri secara bertahap, yang diawali dengan Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan pada tanggal 1 Agustus 1962.

Universitas Brawijaya saat ini sudah mengalami banyak perkembangan dengan memiliki 18 fakultas dan 221 program studi untuk jenjang vokasi, sarjana, magister, doktor, dokter spesialis, dan profesi.

Universitas Brawijaya secara konsisten berhasil menjadi salah satu dari lima perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian resmi Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti). UB juga menempati posisi kedua di Indonesia dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan universitas dunia, Times Higher Education (THE) World University Rankings, tahun 2020.

Jurusan Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2018 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 328/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 4 Desember 2023.

Berikut adalah Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Brawijaya

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

2. Fakultas Hukum

3. Fakultas Ilmu Administrasi

4. Fakultas Ilmu Budaya

5. Fakultas Ilmu Komputer

6. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

7. Fakultas Kedokteran

8. Fakultas Peternakan

9. Fakultas Pertanian

10. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

11. Fakultas Kedokteran Hewan

12. Fakultas Kedokteran Gigi

13. Fakultas Teknik

14. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

15. Fakultas Teknologi Pertanian

Seleksi Masuk Universitas Brawijaya

Secara umum, seleksi masuk di Universitas Brawijaya dapat digolongkan menjadi jalur seleksi program sarjana, seleksi program diploma, seleksi program khusus penyandang disabilitas, dan seleksi program sarjana

Seleksi Program Sarjana

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Seleksi yang dilakukan melalui ujian non tulis dan dilaksanakan secara nasional dan serentak oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik.

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Seleksi yang dilakukan melalui ujian tulis dan dilaksanakan secara nasional dan serentak oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

3. Seleksi Mandiri

Seleksi yang dilakukan melalui ujian tulis secara mandiri oleh Universitas Brawijaya. Dalam seleksi ini dibuka seleksi untuk kelas internasional dan kelas bahasa inggris.

Seleksi Program Diploma

Seleksi ini dinamakan Seleksi Masuk Program Vokasi (SMPV). Dilakukan melalui ujian tulis secara mandiri oleh Universitas Brawijaya dengan tujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang berpotensi untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam bidang tertentu.

Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD)

Seleksi yang ditujukan untuk jalur masuk Program Sarjana & Program Diploma. Dilakukan melalui seleksi administratif dan tes wawancara yang dilakukan oleh Pusat Studi Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya bekerjasama dengan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru dan Program Studi terkait.

Seleksi Program Pascasarjana

Seleksi yang ditujukan untuk jalur masuk Program Magister dan Doktor untuk berbagai bidang ilmu, baik ilmu eksakta maupun non-eksakta. Diselenggarakan 2 kali dalam satu tahun akademik, untuk semester ganjil dan semester genap.

Biaya Kuliah Universitas Brawijaya Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Untuk kamu yang mengambil program Sarjana melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri, uang kuliah tunggal (UKT) yang diterapkan ada 6 golongan.

Untuk UKT 1 dan 2, mahasiswa baru yang lulus melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN biayanya dikenakan biaya mulai dari Rp500.000 untuk UKT 1 dan Rp1.000.000 untuk UKT 2, yang berlaku di semua jurusan. Sedangkan untuk UKT 3 sampai dengan UKT 6 biayanya tergantung jurusan yang dipilih.

Biaya Kuliah Universitas Brawijaya Jalur Mandiri

Kalau kamu masuk UB melalui jalur mandiri, maka kamu perlu tahu kalau kamu akan mendapatkan penggolongan UKT yang beda dengan jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN. Selain itu, mahasiswa yang lulus melalui jalur mandiri diharuskan membayar SPFP yang dibayarkan di awal semester 1. SPFP sendiri merupakan istilah dari uang pangkal yang dikhususkan untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur mandiri.

Itulah Informasi seputar Universitas Brawijaya yang perlu kamu ketahui. Semoga ingformasi ini bermanfaat dan impianmu menimba ilmu di Universitas Brawijaya pun jadi lebih mudah terwujud. Thankyou!

 

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Moestopo

Universitas Moestopo (Beragama) Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) atau yang biasa disingkat UPDM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, Universitas ini didirikan oleh Prof.Dr.Moestopo pada 15 Mei 1961. Mengutip data PDDIKTI Kemendikbud, beberapa program studi atau jurusan di Universitas Moestopo mendapatkan akreditasi A seperti Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter Gigi, hingga Manajemen . Universitas ini memiliki 3 kampus, kampus utama UPDM beralamat di Jl. Hang Lekir I No. 8 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Ibu Kota Jakarta. Sedangkan kampus 2 berada di Jl. Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dan Kampus 3 berada di Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami, Pesanggrahan. Visi dan Misi Universitas Mostopo Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memiliki visi dan misi yang didasari oleh statuta tahun 2014 dalam Bab II Pasal 2 dan 3. Adapun visi uni

Seputar Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun   1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru   didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana. Jurusan Universitas Indonesia Saat ini Universitas Indonesia terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, I

Daftar Universitas Negeri di Indonesia

  Indonesia memiliki berbagai macam universitas di indonesia, termasuk universitas negeri. Nah disini kita akan membahas universitas negeri di setiap provinsi di indonesia. Universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dari universitas swasta. Berikut daftar universitas negeri di Indonesia 1. Aceh - Universitas Syiah Kuala - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry - Universitas Malikussaleh - Universitas Samudra - Universitas Teuku Umar 2. Sumatera Utara - Universitas Sumatera Utara (USU), Medan - Universitas Negeri Medan (Unimed) - Politeknik Negeri Medan - Politeknik Negeri Media Kreatif, Medan - UIN Sumatera Utara - IAIN Padangsidempuan 3. Sumatera Selatan - Universitas Sriwijaya, Palembang dan Inderalaya - Akademik Komunitas Negeri Banyuasin - Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang - UIN Raden Fatah, Palembang 4. Sumatera Barat - Universitas Andalas, Padang - Universitas Negeri Pad